Peduli Covid-19, Ketua PPK Pemprov NTB Bagikan Masker Ke Sumbawa

5

Sumbawa, IAN-

Road Show Tim Penggerak PKK Provinsi NTB sekaligus rangkaian Gerakan Bersama Pakai Masker (Gebrak Masker) kembali berlanjut. Kali ini, program yang bertujuan memberikan pembinaan, sosialisasi sekaligus pencegahan dampak pandemi Covid-19 berlanjut ke Desa Berare Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa, Senin, 21 September 2020.

Program yang merupakan kolaborasi dengan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) ini menjadikan Desa Berare sebagai lokasi ke delapan yang dikunjungi dalam rangkaian Road Show TP PKK Provinsi NTB.

Mengawali sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengapresiasi para Kepala OPD lingkup Pemprov yang telah membersamai kunjungan PKK ke desa-desa di kabupaten/kota se-NTB. Ia memuji kekompakan OPD terkait dalam memberikan edukasi kepada masyarakat hingga ke pelosok-pelosok.

“Kita tidak ingin masyarakat kita menjadi masyarakat yang lemah dan menderita di rumah karena Covid-19 ini. Inilah mengapa Gerakan PKK masih bertemakan melawan Covid-19,” ungkapnya.

Bunda Niken sapaan akrabnya, kemudian mengatakan bahwa kehadiran pandemi telah mengajarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. Untuk itu, Ia tak henti-hentinya mengajak seluruh masyarakat kompak dan patuh mengutamakan protokol kesehatan saat beraktivitas.

“Kita tidak pernah bosan, tidak pernah putus asa, mengingatkan kembali dan kembali untuk memakai masker,” ujar Bunda Niken.

Lebih lanjut, kehadiran PKK diharapkan Bunda Niken dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kader-kader PKK yang ada kabupaten/kota. Begitu juga dengan masyarakat pada umumnya, yang diminta terus semangat dan produktif meskipun dimasa pandemi Covid-19.

“Kita bangga kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa, semoga terus menginspirasi ibu-ibu dan masyarakat yang ada di Sumbawa,” harap Bunda Niken.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril dalam laporannya mengungkapkan bahwa TP PKK Kabupaten Sumbawa terus melakukan upaya pencegahan demi meminimalisir dampak Covid-19. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan TP PKK Kabupaten Sumbawa disebutnya sesuai dengan arahan dari TP PKK Provinsi NTB.

“Salah satunya, launching maskerisasi untuk anak di Kabupaten Sumbawa dan itu terus kami lakukan,” jelasnya.

Hj. Amien kemudian menyebut maskerisasi pada anak sangat penting demi menekan laju positif Covid-19. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak akan sangat rentan bila terpapar virus karena belum memahami penyakit yang mereka derita.

“Untuk itu, kami mengapresiasi Ketua TP PKK Provinsi NTB yang telah melaunching maskerisasi untuk anak di kabupaten/kota se-NTB,” tutur Hj. Amien.

Seperti di kabupaten/kota sebelumnya, Road Show kali ini juga diisi dengan stand dan pameran pangan lokal oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB dan Kabupaten Sumbawa, ada pula pelayanan sekaligus pembinaan posyandu dan kelompok dasawisma, pelayanan KB oleh BKKBN hingga pameran produk lokal oleh UMKM Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan kemudian ditutup dengan penyerahan bantuan masker oleh TP PKK Provinsi NTB dan IKAPTK Kabupaten Sumbawa sekaligus sosialisasi Gebrak Masker. Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Provinsi NTB turut pula didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi NTB, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Kepala Dinas PMPD Dukcapil Provinsi NTB serta Kepala BKKBN Provinsi NTB. (Mj-1)