Ini Harapan Danrem 162/WB Kepada Pengurus PPM NTB Yang Baru Dilantik

4

Matajitunews.com, Mataram-

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han, menghadiri acara pelantikan Pengurus DPD Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) masa bakti 2020-2025 di Hotel Lombok Plazza Kecamatan Cakranegara Kota Mataram, Rabu (23/9/2020).

Prosesi pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga Nomor : SKEP-017A/PP.PPM/IX/2020 tentang penetapan dewan pembina daerah Pemuda Panca Marga Provinsi Nusa Tenggara Barat masa bakti 2020-2025 dan penyematan tanda jabatan pengurus Pemuda Panca Marga oleh Ketua DPD LVRI NTB, Brigjen TNI (Purn) H. Abdul Kadir, S.IP.

Setelah dilantik sebagai Ketua Pengurus Harian Pemuda Panca Marga NTB, Harry Suhada, S.H. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang menyempatkan hadir pada acara pelantikan DPD PPM NTB, selanjutnya menyampaikan bahwa untuk membesarkan PPM kedepan selaku pengurus periode 2020-2025 tentunya sangat mengharapkan kritik, saran dan dukungan dari seluruh pihak terkait.

“Kami mohon kepada senior-senior untuk menghubungi kami dan jangan sungkan-sungkan, kami juga masih melakukan konsultasi ke daerah-daerah untuk membentuk DPC PPM,” tandasnya.

Sementara Ketua DPD LVRI NTB, Brigjen TNI Purn H. Abdul Kadir, S.IP. menyampaikan kepada DPD PPM NTB yang dilantik dan para tokoh organisasi dari para pejuang yang hadir pada acara tersebut, bahwa dalam Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan UUD 1945 tertulis dan terkandung makna yang harus dipertahankan dan dipedomani dalam berjuang kedepan melalui organisasi apapun sebagai pusaka kuat yaitu dalam kosa kata “JSN 45” (Jiwa, Semangat dan Nilai-Nilai Juang 45) yang harus dijadikan landasan perjuangan kedepan.

Adapun isi yang terkandung dalam JSN 45 yaitu ; Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berjiwa pahlawan, Cinta tanah air, Patriotisme, Pantang menyerah, Rela berkorban, Percaya kepada kekuatan sendiri, Kesetia kawanan, Jaga martabat diri dan bangsa, Bercita-cita tinggi, Etos kerja keras, Disiplin, Tabah dan ulet dalam menghadapi ATHG, Anti penjajah atau cinta kemerdekaan, Nasionalisme, Optimisme dan Berani membela kebenaran.

“17 watak atau sifat yang saya sebut diatas adalah menjadi tugas pokok kami keluarga besar Legiun Veteran Republik Indonesia dan semua organisasi lingkup LVRI, Piveri dan yang paling diharapkan adalah anak-anak atau putra putri veteran RI yang tergabung dalam organisasi Pemuda Panca Marga yang baru saja dilantik dengan harapan semoga bisa terwujud,” terang Brigjen TNI Purn Abdul Kadir.

Selain itu, mantan Danrem 162/WB ini juga mengatakan, situasi pandemi covid-19 yang sedang dihadapi saat ini, baik LVRI, PIVERI dan PPM sangat diharapkan dengan dilantiknya pengurus PPM NTB dan keluarga besar LVRI dapat lebih aktif membantu pemerintah daerah NTB bergerak serempak bersama organisasi-orginisasi lain tampil paling depan mengambil peran dalam penanganan covid-19 di NTB.

“Untuk itu, setelah dilantik hendaknya segera bergabung dalam satuan tugas yang sudan ada di NTB, seperti Polda dengan kiprahnya lomba Kampung Sehat dan TNI dengan jiwa Sapta Marganya melibatkan PPM sebagai keluarga besarnya menanggulangi covid-19 di NTB serta tugas-tugas lain demi persatuan, kesatuan masyarakat dan mengupayakan bersama dengan Pemda NTB guna mensejahterakan masyarakat NTB,” tandasnya.

Demikian juga Ketua Umum PPM Pusat, Berto Izak Doko menyampaikan, para pengurus yang baru dilantik agar semua tugas yang dilaksanakan harus sesuai dengan pimpinan pusat, harus merubah paradigma berpikir dengan memberikan pemikiran yang konstruktif kepada masyarakat dan kedepan diharapkan terlibat di semua lini baik pemerintah pusat maupun daerah.

“Berperan betul menjadi mitra untuk ikut terlibat membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan protokol kesehatan, itu harus kita ikuti,” tegasnya.

Sedangkan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.sos. S.H. M.Han, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Ketua dan seluruh pengurus Pemuda Panca Marga provinsi NTB yang dilantik diharapkan dapat menjalin sinergitas dengan seluruh pihak untuk membantu program-program pemerintah termasuk dalam upaya penanganan covid-19 di NTB.

“Jalin komunikasi yang baik antar anggota maupun pimpinan dan selalu kompak, agar semua tugas-tugas dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan,” pungkas Danrem.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariyadi yang juga hadir pada acara tersebut menyampaikan, kedepan agar terjalin silaturrahmi dan komunikasi yang baik dengan seluruh pihak sehingga sama-sama memahami untuk selanjutnya bersinergi dalam mendukung pemerintah daerah.

“Integrasikan program PPM dengan kegiatan Korem 162/WB, karena memang sejatinya apa yang dilakukan oleh Korem adalah bagian integral dari apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat,” tandas Lalu Gita.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasilog Korem 162/WB, Dirbinmas Polda NTB, Kakanwil NTB, Kabid Kesbangpoldagri NTB bidang Ekonomi, Sosbud dan Ormas, Dandenpomal Lanal Mataram, Pasiter Kodim 1606/Lobar, Kaminvitcat Korem 162/WB, Kanit Intel Lanud Rembiga, Ketua FKPPI NTB, Pengurus Daerah PPM Prov. NTB.(IAN-1,Rzl)