Hj. Niken Lantik Pengurus Dekranasda Kabupaten Lombok Barat

4

Mataram, Mj –

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah melantik Dewan Pengurus Dekranasda Kabupaten Lombok Barat Periode Tahun 2020-2024. Acara pelantikan tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Jumat, 4 Desember 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Niken mengucapkan selamat kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Lombok Barat yang baru saja dilantik. Ia kemudian mengarahkan agar pengurus baru Dekranasda Kabupaten Lombok Barat untuk segera menentukan program-programnya serta dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Ini adalah momentum bagi kita, bagaimana di Lombok Barat untuk memiliki semangat baru untuk meningkatkan dan memajukan kerajinan di Lombok Barat,” ucapnya memulai sambutan.

Hj. Niken menilai Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu daerah yang begitu kaya akan kebudayaan kerajinan. Untuk itu, kekayaan budaya seni kerajinan tersebut haruslah dapat dilestarikan untuk kemudian lebih ditingkatkan lagi menjadi salah satu sumber kesejahteraan masyarakat.

Ia kemudian menyampaikan pesan dan harapan kedepannya bagi Dekranasda Lombok Barat agar semakin maju lagi. Kolaborasi dan sinergi menjadi pesan yang pertama disebut oleh Hj. Niken. Kerjasama yang baik dengan berbagai unsur dikatakannya akan menjadi kunci untuk menyukseskan segala program-program kedepan.

Pesan selanjutnya yakni pemanfaatan sistem digital. Hal ini begitu penting terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, dimana pelaku usaha diwajibkan melek teknologi dalam upaya menjaga eksistensi usahanya. Oleh sebab itu, Ia meminta Dekranasda Lombok Barat mampu memfasilitasi para pengrajin dalam memasarkan produk-produknya.

“Ini menjadi tantangan untuk kita semua,” ujar Hj. Niken.

Tak hanya itu, Hj. Niken turut pula memperkenalkan aplikasi NTB Mall yang merupakan media baru pelaku usaha dalam memasarkan produk-produknya. Melalui NTB Mall, Ia berharap pelaku usaha mampu untuk tetap produktif menghadapi masa-masa sulit.

“Selamat bekerja, saya yakin para pengurus ini masih semangat semua, segera beraksi, segera membentuk program-program dan memberikan persembahan terbaik bagi masyarakat Lombok Barat menjadi daerah yang kita banggakan,” tutupnya.

Hal yang sama pula disampaikan oleh Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid yang juga merupakan Pembina Dekranasda Kabupaten Lombok Barat. Ia berharap potensi yang dimiliki oleh daerah dapat dimaksimalkan. Selain itu, potensi yang begitu melimpah itu juga harus mampu dipromosikan dengan baik pula.

“Itulah sebabnya saya sangat berharap pada kita semua, jangan pernah bosan untuk mempublikasikan hasil-hasil kerajinan, hasil-hasil produksi dari masyarakat kita yang basisnya adalah budaya dan seni itu,” tutur Fauzan.

Ia menyebut begitu banyak manfaat yang diperoleh apabila daerah dapat dipromosikan dengan baik. Selain meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat, kebudayaan dan kesenian lokal juga dapat diperkenalkan melalui sosial media.

Tak hanya itu, Fauzan berpesan kepada para pengurus baru maupun yang telah usai masa baktinya agar selalu menjalin silaturahim dengan pelaku usaha dan pengrajin. Dengan ini, rasa kekeluargaan dan semangat untuk berkarya diyakininya akan lebih meningkat.

“Selamat kepada Dekranasda Kabupaten Lombok Barat 2020-2024 yang baru saja dilantik, mudah-mudahan diberkahi oleh Allah SWT dan mudah-mudahan kita terus semangat meningkatkan produktivitas masyarakat kita dan pada ujungnya nanti memperoleh kesejahteraan yang sebenar-benarnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Kabupaten Lombok Barat, Hj. Khaeratun Fauzan Khalid mengajak seluruh pengurus baru agar segera beradaptasi dengan kebiasaan baru di era Covid-19 saat ini. Begitu juga dengan UKM/IKM yang diwajibkan untuk menyesuaikan diri agar terus maju mengembangkan usahanya.

“Untuk itu, strategi yang relevan adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi untuk menyongsong industri 4.0,” terangnya.

Hj. Khaeratun mengatakan bahwa digitalisasi akan menjadi fokus utama yang akan digagas oleh Dekranasda Lombok Barat kedepannya. Pemasaran dengan platform online menjadi pilihan terbaik menilik situasi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Tak hanya itu, fungsi utama Dekranasda seperti pembinaan kerajinan lokal, pengembangan kompetensi, hingga penyaluran aspirasi dan potensi Dekranasda didorong agar lebih baik lagi.

“Kami mengawali tugas kami dengan semangat tentunya serta mengharapkan dinas terkait untuk bisa bersama-sama menjalankan tugas kami kedepannya, sehingga IKM kita di Kabupaten Lombok Barat tentunya lebih baik lagi,” tambahnya.

Dekranasda Lombok Barat juga terus berkomitmen dalam mensosialisasikan dan mengkampanyekan Bela Beli Produk Lokal. Untuk itu, Ia berharap partisipasi aktif masyarakat dalam menunjukan kecintaannya terhadap produk buatan lokal. (MJ-Ma)