Tim Dari Korem 162/WB Dan Polda NTB Pantau Proses Pemungutan Suara di Sumbawa Barat

8

InfoaktualNews.com, Sumbawa Barat-

Tim dari Korem 162/WB Kasipers Kasrem 162/WB Kolonel Caj Rudi Prianto, S.E, (selaku Pawas Internal Pilkada wilayah Kab. Sumbawa Barat) serta Polda NTB Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, S.I.K (selaku Pawaswil KSB) dan Wadir Lantas Polda NTB AKBP Ismail, S.I.K (Pawaswil KSB) meninjau sejumlah TPS yang tersebar di wilayah kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Rabu (9/12/2020).

Tim peninjau didampingi Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, ST. M.IP dan Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono meninjauan beberapa TPS diantaranya TPS III Kelurahan Menala, TPS III Kelurahan Bugis, TPS 0I Desa Sermong Kecamatan Taliwang untuk memastikan proses pemungutan suara di wilayah setempat dilaksanakan dengan tertib, lancar dan aman sesuai dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Dandim 1628/SB pada kesempatan tersebut menyampaikan, selain untuk melihat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya, kegiatan tersebut juga untuk memantau secara langsung penerapan Prokes Covid-19 selama proses pemungutan sampai penghitungan suara.

“Mengingat pelaksanaan pilkada kali ini dalam situasi pandemi Covid-19, maka Prokes harus benar-benar diterapkan saat pemungutan sampai penghitungan suara agar tidak menimbulkan klaster baru Covid-19,” terangnya.

Menurutnya, akftitas masyarakat yang cendrung berkelompok atau berkumpul saat pelaksanaan pemungutan suara Pilkada jika kurang disiplin akan menjadi kekhawatiran tersendiri terhadap peningkatan kasus Covid-19 setelah pesta demokrasi nanti.

“Kami tidak mau berspikulasi, karena ketidak pedulian masyarakat terhadap situasi Covid-19 akan sangat tidak menguntungkan bagi kita semua,” tututnya.

Namun sejauh ini, lanjutnya, dari pantauan Petugas TNI-Polri di lapangan proses pemungutan suara berjalan tertib dan aman karena sebagian besar masyarakat sudah memiliki kesadaran tinggi mengikuti Prokes Covid-19 selama di TPS, begitu juga dengan petugas di setiap TPS serta jadwal kedatangan yang telah diatur sehingga tidak terjadi penumpukan antrian pemilih di TPS meskipun antusiasme masyarakat menyalurkan hak pilihnya cukup tinggi.

“Alhamdulillah situasi Pilkada di KSB sejauh ini aman dan kondusif, kami berharap situasi ini dapat dijaga dan dipertahankan sampai penghitungan suara selesai,” ucapnya.

“Kami dari Kodim 1628/SB dan Polres Sumbawa Barat mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat atas kerjasama dalam menjaga kondusifitas Wilayah Kabupaten di Sumbawa Barat,” imbuhnya.(IA-1,Rzl)