Kunjungan Kerja di Denpal IX/2 Mataram, Kapaldam IX/Udayana Berikan Pengarahan Kepada Prajurit, PNS dan Persit

75

Mataram, MatajituNews.com

Dalam kunjungan kerjanya di Denpal (Detasemen Peralatan) IX/2 Mataram, Kapaldam (Kepala Peralatan Kodam) IX/Udayana Kolonel Cpl Erwin G. Hamonangan H., S.I.P., didampingi Ketua Persit KCK Ranting 4 Pal Cabang IV PD IX/Udayana Ny. Eka Erwin G. Hamonangan bertatap muka dan memberikan pengarahan kepada para Prajurit, PNS dan Persit Denpal IX/2 Mataram, Rabu (10/2/2021).Kapaldam IX/Udayana menyampaikan, Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut dan menjadi atensi, sehingga kita wajib melaksanakan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. “Laksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dan 3T (testing, tracking dan treatment) serta ketentuan Pemerintah terkait Covid-19 (Stay at home Is Better),” imbaunya.

Selain itu ia juga menegaskan, para prajurit maupun PNS agar tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum maupun disiplin. Setiap permasalahan diselesaikan dengan baik agar tidak menimbulkan masalah baru yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga, satuan maupun TNI AD.

Lebih lanjut Kapaldam menyampaikan tentang pentingnya membina keharmonisan dalam rumah tangga. “Jika ada permasalahan keluarga agar segera diselesaikan sehingga tidak berlarut-larut, perwira atasan agar melakukan mediasi untuk penyelesaian masalah keluarga anggota,” ujarnya.

Terkait penggunaan media sosial agar mewaspadai berita hoax, provokasi, penyebaran dokumentasi kegiatan satuan yang bukan wewenangnya maupun adanya aplikasi judi online dan tidak mengkritisi kebijakan Pemerintah.

Demikian juga dalam berkendaraan atau berlalu lintas agar selalu berhati-hati, melengkapi dan membawa surat-surat maupun kelengkapan kendaraan serta memperhatikan faktor cuaca dan kondisi jalan saat berkendara.

Kolonel Erwin G. Hamonangan selanjutnya juga menyampaikan, para prajurit dan PNS harus waspada terhadap penggunaan Listrik, Gas dan Air. Hindari pemborosan dan tetap memperhatikan faktor pengamanan dalam pengguaannya.

LGBT juga perlu diwaspadai dan dicegah jangan sampai terjadi di kalangan Prajurit maupun keluarganya, dengan cara meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

Berikut tentang loyalitas, kesetiaan dan kebanggaan terhadap satuan harus tetap dijunjung tinggi. Pedomani ketentuan tentang penerimaan orang asing di satuan, tidak boleh atas inisiatif sendiri, semuanya atas ketentuan dan perijinan dari Mabes TNI.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, alumni Akmil 1997 itu berpesan agar para prajurit maupun PNS senantiasa menyiapkan diri dan rencanakan kehidupan masa depan/pensiun. “Prioritaskan pendidikan anak agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai,” pungkasnya.

Terkait perkembangan cuaca extrim yang terjadi akhir-akhir ini, dirinya mengingatkan agar diwaspadai dan sementara waktu menjauhi daerah-daerah laut/pantai, daerah aliran sungai (DAS), air terjun dan daerah rawan longsor.

Usai bertatap muka dengan anggota, selanjutnya Kapaldam IX/Udayana didampingi Dandenpal IX/2 Mataram Letkol Cpl Abdul Hadi, melaksanakan penanaman pohon manggis dan rambutan yang berlokasi di Madenpal dan gudang munisi Denpal IX/2 Mataram.(IA-1, Rzl)