APKASINDO Langgar Undang – Undang 41 Tahun 1999, Hutan Lindung di Sulap Jadi Perkebunan

9

Riau – Keberadaan Perkebunan yang ada di Wilayah Riau sementara  perkebunan tersebut dalam kawasan Hutan, hal ini adalah suatu bentuk kejahatan yang fatal.

Kehutanan dan Perkebunan dimana dalam Undang Undang no.41 Tahun 1999 tentang Kehutanan sudah sangat tegas di dalamnya menjelaskan tidak diperbolehkan ada aktifitas perkebunan yang masuk di dalam kawasan ,apakah itu Kawasan Hutan Lindung,Kawasan Hutan Produksi Terbatas,Kawasan Hutan

Produksi,Kawasan Hutan Tanaman Industri,Kawasan (HGU) Hak Guna Usaha dan yang lainya, dilarang keras jika ada aktifitas penanaman kebun sawit di lakukan di dalam kawasan hutan tersebut.Sebab di dalamnya sanksinya sangat tegas tertulis dan harus dapat dipahami isi dari Undang Undang tersebut, jika aktifitas penanaman kebun sawit itu dilakukan di dalam kawasan hutan tanpa ada izin pengalihan dari Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Jika hal tersebut terjadi dilakukan oleh para petani maka sanksinya adalah kurungan badan puluhan tahun dan denda 10 s/d 15 milyar maka hal ini adalah satu cara pemerintah untuk menyelamatkan keberadaan hutan di wilayah Riau khususnya.

Keberadaan APKASINDO yang di Ketuai Ir.Gulat Manurung MP tentunya diharapkan menjadi garda terdepan dalam penyelamatan Hutan tersebut,petani petani yang menjadi Anggota APKASINDO harus diberikan penjelasan penjelasan  terhadap lahan yang akan di tanami kebun sawit harus menyampaikan kepada petani agar lahan untuk ditanam kebun sawit tersebut tidak merampas,mengambil/menyerobot lahan yang ada di kawasan hutan tersebut agar petani tidak terseret di dalam persoalan Hukum nantinya”tegas Ketua LSM Gempur Riau Hasanul Arifin.

Dari informasi yang kami terima keberadaan organisasi APKASINDO tersebut diduga keras melindungi penjahat penjahat dibidang Kehutanan dan Perkebunan.

Terang Hasanul Arifin mengatakan pada saat wawancara awak media kami akan melaporkan Ketua Umum APKASINDO Ir.Gulat Manurung MP kepada Pihak penegak hukum atas dugaan melindungi penjahat Kehutanan dan Perkebunan di Wilayah Provinsi  Riau khususnya agar seluruh masyarakat Riau mengetahui keberadaan dari APKASINDO yang diduga seolah – olah membina petani sawit tetapi justru diduga melindungi kejahatan di bidang Kehutanan dan Perkebunan,kami meminta para  pihak penegak hukum agar di lakukan tindakan tegas kepada Ir.Gulat Manurung MP. (Rahmat Hidayat)