Ketua DPRD Sergai Dampingi Koordinator Wilayah Rumah Sandiaga Uno Kunjungi Kampung Budaya Banjar

  • Bagikan

Serdang Bedagai – Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan dampingi Koordinator Wilayah Rumah Sandiaga Uno Indonesia mengunjungi Kampung Budaya Banjar di Desa Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Senin (8/3) pagi.

Turut hadir juga Wakil Ketua DPRD Sergai Siswanto, Dewan Pakar DPRD, Humas DPRD, Kabid Pariwisata Disporabudpar Sergai, perwakilan Dinas Perhubungan Sergai, Plt Camat Perbaungan, Plt Kades Lubuk Cemara, Pendamping Desa, adik-adik Sanggar Tari Desa Lubuk Cemara serta tokoh adat Banjar.

Kedatangan Ketua DPRD Sergai beserta perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno itu disambut dengan tarian khas Budaya Banjar dan masyarakat Banjar yang menggunakan batik sasirangan khas Banjar.

Setelah usai acara tersebut, Ketua DPRD dan rombongan pada pukul 11.30 WIB meninjau Rumah adat Banjar yang ada di Desa lubuk Cemara yang diperkirakan dibangun pada Tahun 1940. Dilanjutkan menyantap sajian makanan khas Banjar.

Koordinator Wilayah Rumah Sandiaga Uno Indonesia, Dani Sutarjo kepada wartawan menerangkan dirinya mewakili Menteri Sandiaga Uno ditugaskan oleh beliau untuk mengunjungi Kampung Budaya yang ada di Kabupaten Sergai ini.

“Mudah-mudahan jika program yang digagas oleh Ketua DPRD Sergai ini bapak dr. Riski Ramadhan berjalan dengan lancar dan sesuai perencanaan, bapak Sandiaga Uno sendiri akan datang ke kampung budaya”ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD kab. Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM juga menuturkan bahwa kebudayaan adalah salah satu harta bangsa kita, makanya dari itu kita sebagai pewarisnya sudah seharusnya untuk tetap melestarikan kebudayaan itu.

“Seperti yang ada di Desa Lubuk Cemara ini kita masih bisa melihat rumah adat suku Banjar yang dibangun pada tahun sebelum negara kita merdeka yaitu tahun 1940. Dimana bangunan tersebut masih kokoh berdiri, makanya saya berpesan kepada pemerintahan desa agar dapat memperbaiki dan menjaga keaslian rumah budaya Banjar ini”ungkap politisi muda asal Gerindra itu.

Lanjut dr Riski, sesuai program Menteri Sandiaga Uno yakni  “Geber (Gerak Bersama), Gercep (Gerak Cepat) dan Gaspol (menggarap semua potensi yang ada).

Olehkarenanya Pemerintah daerah khususnya DPRD Kabupaten Sergai akan berupaya semaksimal mungkin untuk membangkitkan pariwisata dan kebudayaan yang masih kental di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

“Karena jika kampung Budaya ini terlaksana sesuai dengan apa yang direncanakan maka sudah dipastikan ekonomi lokal akan meningkat pesat dengan banyaknya kedatangan tamu dari luar daerah, yang mana kediaman- kediaman masyarakat sekitar akan di jadikan Homestay atau sebagai tempat penginapan para wisata yang datang,”tandasnya.

Sumber ; Yusnar

Editor   : Rahmat Hidayat



  • Bagikan