News, TNI  

Peduli Pendidikan, Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Luangkan Waktu Mengajar Anak-Anak di Perbasatan

Belu NTT, Matajitunews.com

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY yang berada di bawah Kolakops Korem 161/WS selain menjaga wilayah perbatasan juga menyempatkan diri untuk berbagi ilmu dengan anak-anak Sekolah Dasar di Dusun Fatubesi Desa Baudauk Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.


Menurut Danpos Mahen Letnan Dua Cpl I Nengah Karmajaya kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan sebagai salah satu trobosan Satgas Pamtas Yonif 742/SWY dalam upaya meingkatkan kualitas belajar anak-anak khususnya tingkat SD yang tinggal di dusun dekat Pos Mahen dengan memberikan tambahan waktu belajar.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian Satgas terhadap adik-adik di perbatasan khususnya terkait pengetahuan dan wawasan sehingga kedepan mereka mampu membangun kampungnya sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Nengah sapaanya, ada tiga sampai empat anak yang datang untuk belajar, namun setelah berjalan beberapa hari, mereka datang sendiri untuk belajar karena belajar disekolah waktunya juga terbatas akibat pandemi Covid-19.

“Materi yang diberikan seperti Matematika, IPA dan Wawasan Kebangsaan selama tiga hari di lopo-lopo Pos Mahen yang beratapkan terpal dan diatasnya daun kelapa,” terangnya.

“Kedepan atap lopo-lopo ini akan kita ganti dengan seng atau sejenisnya sehingga adik-adik bisa bejalar dengan lebih nyaman,” tambahnya.

Terpisah, Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya di Mako Satgas Kelurahan Umanen memberikan apresiasi kepada Danpos yang telah berupaya ditengah keterbatasan memberikan pembinaan dan pembelajaran kepada anak-anak kita dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Ini patut diapresiasi, disamping tugas pokok menjaga wilayah perbatasan mereka bisa meluangkan waktu untuk melaksanakan pembinaan teritorial secara terbatas salah satunya belanjar mengajar,” jelas Bayu Sigit.

Diceritakannya, masing-masing pos sudah diberikan bekal sebelum berangkat tugas tentang pengetahuan dibidang kependidikan dan sekarang waktunya yang tepat mereka terapkan kepada masyarakat.

“Pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga merupakan tanggungjawab kita bersama dalam memajukan dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing ditengah kehidupan global,” tegas Alumnus Akmil 2003 itu.

Selain itu, ia juga berharap agar para orang tua memberikan perhatian dan pengawasan lebih kepada anak terutama pada saat belajar di rumah mengingat pada pendemi Covid-19, waktu belajar lebih banyak dirumah dari pada di sekolah.(IA-1, Rzl).

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif