Danrem 162/WB Distribusikan 1160 Pieces Bronjong Untuk Perbaikan Jembatan Bukapiting 3 di ALor

  • Bagikan

Bima NTB, Matajitunew.com

Sebagai wujud kepedulian terhadap korban musibah bencana siklon tropis seroja di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur, Korem 162/WB dan jajaran mengumpul 1160 pieces bronjong yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Bima menggunakan kapal ADRI.

Demikian dikatakan Komandan Korem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., saat mengecek kesiapan pemberangkatan Satgas Yonzikon 13/KE ke NTT di pelabuhan Kota Bima, Sabtu (24/4/2021).

Dijelaskan Ahmad Rizal, pengiriman ribuan bronjong tersebut merupakan kerjasama Korem 162/WB dan jajaran dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara 1 yang mencakup wilayah NTB dan NTT, Dinas PU Kabupaten Sumbawa dan Pelaksana Jalan Nasional Provinis NTB.

“Alhamdulillah sejak hari kemarin hingga hari ini bisa terkumpul sekitar 1160 pieces di dua tempat yakni di Sumbawa dan Mataram. Semuanya sudah diberangkatkan dengan pengawalan dari Denpom Mataram menuju Pelabuhan Bima untuk dimuat langsung oleh kapal ADRI,” ungkapnya.

Dalam proses pengangkutannya, ribuan pieces bronjong diangkut menggunakan Dum Truk dan t
Truk Fuso menuju Pelabuhan Bima dan diterima oleh Yonzikon 13/KE selaku Satgas penanggulangan bencana alam yang ditunjuk Kepala Staf TNI AD di wilayah NTB dan NTT.

Ribuan pieces bronjong tersebut, menurut Jenderal Bintang Satu itu, akan digunakan untuk pembangunan jembatan bukapiting 3 di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur yang rusak akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui bersama, musibah banjir bandang yang melanda beberapa kabupaten di Provinsi NTT seperti di Flores Timur mengakibatkan lima jembatan putus dan merendam rumah warga.

Sedangkan di Kabupaten Alor beberapa jembatan putus seperti jembatan Taramana di Kampung Taramana Kecamatan Alor Timur Laut (ATL). Jembatan ini berada di ruas jalan negara yang menghubungkan Bukapiting ATL dan Maritaing Kecamatan Alor Timur.

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan Pemerintah Daerah setempat untuk segera bisa bangkit dan membangun jembatan seperti yang di lakukan di Kabupaten Bima, kita doakan semoga semuanya lancar,” pungkasnya.
Sesuai dengan jadwal, kapal ADRI akan berangkat membawa ribuan pieces bronjong menuju Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur esok pada Minggu tanggal 25 April 2021.(IA-1, Rzl).

  • Bagikan