Dansatgas Pamtas Sektor Timur Ajak Masyarakat Terapkan Prokes Covid-19

  • Bagikan

Matajitunews.com, Belu NTT – Berdasarkan data terakhir tanggal 28 April 2021 di Kabupaten belu yang dapat diakses melalui website https://belukab.go.id/ sebanyak 13 orang meninggal dunia, sembih 229 orang dan masih dalam perawatan sebanyak 6 orang.

Hal ini mendapat perhatian Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro untuk berbuat dalam rangka meminimalisasi penyebaran virus corona khususnya di wilayah perbatasan. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan dengan memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes Covid-19) kepada masyarakat yaitu tentang 5M.

Yang dimaksud 5M oleh Dansatgas yakni memakai masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir, menjaga jarak (sosial distancing), menghindari kerumunan massa dan mengurangi mobilitas (stay at home).

“Seluruh personel pos harus eksis membantu Pemerintah Daerah untuk mencegah penyebaran corona virus desease (Covid)-19 dengan memberikan sosialisasi bahaya virus corona dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat,” harapnya.

Selain itu, Bayu Sigit juga menyampaikan pihaknya menyiapkan pompa untuk penyemprotan larutan disinfektan ditempat-tempat fasilitas umum seperti yang dilakukan kemarin oleh Pos Nunura seperti di Gereja, Pasar dan Kantor Camat Raihat serta membagikan masker pada saat sosialisasi.

Terpisah, hari ini Pos Lakmars melaksanakan gotong royong pembuatan Posko Covid-19 di jalan masuk Dusun Holguju Desa Henes Kecamatan Lamaknen Selatan untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona.

Menurut Danpos Lakmars Serka Nictesen Adi Putra Duru, Posko Covid-19 tersebut berukuran 2,5 x 1,5 meter dengan ketinggian 2 meter yang dibangun bersama masyarakat menggunakan bambu dan atapnya dari terpal.

Nictesen juga mengingatkan warga untuk membuat jadwal jaga Posko yang berisi para petugas dari masyarakat dan Pos Lakmars sehingga keberadaan Posko dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Semoga kita semua terhindar dari terjangkit Covid-19 tentunya dengan mengedepankan Prokes Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari,” tutup tesen sapaan akrab Danpos. (ISJ07)

  • Bagikan