Bupati H.Fauzan Khalid Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-Rinjani Tahun 2021

  • Bagikan

Lombok Barat, Matajitunews.com –

Polres Lombok Barat menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Rinjani Tahun 2021 yang juga diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia.

Apel tersebut dipimpin langsung Bupati Lombok Barat H.Fauzan khalid bertempat di Lapangan Polres Lombok Barat, Rabu, (5/5).

Selain jajaran Polres Lombok Barat, apel tersebut juga dihadiri instansi terkait di antaranya unsur TNI, Satpol PP Lobar, Damkar, Basarnas, Pol PP, Dinas Perhubungan, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Bupati H.Fauzan Khalid dalam amanatnya mengatakan apel gelar pasukan ini dilaksankan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-Rinjani 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Lebaran Ketupat,” katanya.

Maka berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri. Kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid 19. Keputusan Presiden tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang.

“Termasuk peningkatan kasus sebesar 93 persen setelah libur Idul Fitri 2020 tahun lalu,”ujar Fauzan.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat-Rinjani 2021 sesuai yang diamanatkan pada sambutan Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yaitu pertama siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, kedua lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah sedini mungkin.

Tiga tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan antisipasi teror dan kriminalitas, keempat laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis serta berikan pelayanan terbaik lengkapi sarpras perorangan yang memadai, lima laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional dan bertindak secara tegas namun humanis tehadap setiap pelanggaran, selanjutnya keenam mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan oprasi, tujuh tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam penerapan prokes mencegah penularan covid 19. Dan yang ke delapan pastikan petugas frontliner telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali.

Itulah Pesan Kapolri melalui sambutan yang dibacakan Bupati Lombok barat H.Fauzan Khalid.

Usai apel gelar pasukan, Bupati melanjutkan Rapat koordinasi di Aula Polres Lobar bersama Kapolres, Dandim, Kadis PU-TR, Kasat Pol PP, Kalak BPBD, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan dan segenap pejabat terkait lainnya. (Mj-01)



  • Bagikan