Polres Lobar Amankan Sejumlah Kendaraan yang diduga Sebagai transportasi Takbir Keliling

  • Bagikan

Lombok Barat, Matajitunews.com –

Dalam pelaksanaan Patroli Gabungan Skala besar pada malam Takbiran oleh petugas ditemukan beberapa orang yang sedang melakukan Takbiran Keliling.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan khalid, S.Ag M.Si mengatakan dalam kegiatan malam takbiran tersebut ada informasi dibeberapa tempat di wilayah Lombok Barat masih nekat melakukan takbiran keliling.

Wilayah tersebut diantaranya yakni Dasan Geres dan Desa Babusalam sehingga langsung pihaknya berkordinasi dengan kepolisian sehingga langsung ditindak lanjuti oleh personel gabungan,”jelas Bupati L.Faozan Khalid, pada keterangan pers tertulisnya (14/5)

Sementara itu, Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo SIK membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa kendara tersebut sempat diamankan karena disinyalir dipakai dalam tradisi takbiran malam hari raya idul fitri 1442 hijriah.

Kemudian pihaknya Telah mengambil tindakan, namun tetap mengedepankan cara humanis, sehingga dilakukan pembinaan terhadap orang yang diindikasikan melakukan Takbir keliling tersebut,”ungkap Kapolres Lobar (14/5)

Selain itu, Kapolres menegaskan untuk pastikan stabilitas Kamtibmas pada malam Takbiran ditengah masa pandemi covid-19 tindakan yang dilakukan jajaran personil polres lombok barat adalah dengan cara memastikan penerapan Protokol Kesehatan oleh warga masyarakat saat menyabut perayaan hari raya idul fitri pada 1452 hijriah.

Dalam melaksanakan patroli tetsebut , mercon dan kembang api juga menjadi salah satu atensi yang harus dilakukan tindakan dengan membubarkan orang yang menyalakan kembang api dan mercon di benerapat tempat diwilayah hukum polres lombok barat.

Menurutnya Mercon dan sejenisnya sangat mengganggu kenyamanan Masyarakat yang melakukan kegiatan ibadah sehingga hal tersebut tidak dapat ditoleransi.
Walaupun mengedepankan sisi humanis melalui himbauan namun tetap diutamakan agat taati protokol Kesehatan selalu di prioritaskan.

Terkait pembatasan kegiatan Masyarakat pada jam malam sesuai dengan Surat Edaran Bupati juga dilakukan himbauan kepada Masyarakat yang masih melakukan aktifitas hingga tengah malam.

Personel Polres Lombok Barat juga sempat mengamankan beberapa kelompok remaja dan kendaraan yang kedapatan masih melakukan aktifitas hingga tengah malam
sedangkan yang diamankan dilakukan pembinaan.

Secara umum, Kapolres menyatakan situasi dalam pengamanan Sepanjang Malam Takbiran masih terkendali
Sehingga kita bisa fokus untuk melakukan pengamanan Shalat Ied serta kegiatan masyarakat lainnya, dengan tetap mengingatkan protokol Kesehatan. tandasnya. (Mj -Ibn )



  • Bagikan