Bid Humas Polda NTB Edukasi Masyarakat Lewat Film Komedi “Pagah d Lok Don

  • Bagikan

Mataram,- Matakitunews.com. Dalam mengedukasi masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan dan larangan mudik pada perayaan hari raya idul fitri 1442 hijriyah beberapa hari yang lalu, jajaran Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat terus melakukan Himbauan.

Salah satu tehnik himbauan yang dilakukan oleh Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda NTB kepada warga yakni dengan cara membuat film pendek bergenre komedi yang berjudul “Pagah d Lok Don”.

Dalam film yang disyuting pada hari Sabtu, (8/5) yang berlokasi di sekitar tembolak pelangi itu menceritakan tentang dua sahabat yang ingin mengelabui petugas saat kegiatan penyekatan yang dilakukan personel Polda NTB untuk mengantisipasi pemudik dalam perayaan lebaran tahun 2021.

Film ini kami buat sebagai sarana edukasi untuk masyarakat tentang kebijakan pemerintah terkait larangan mudik guna mencegah penyebaran covid -19,” ungkap Kabidhumas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K., M.H saat ditemui di kantornya, Rabu (19/5).

Kabid Humas Kombes pol. Artanto juga menjelaskan dalam film pendek tersebut diperankan oleh dua personel Bidhumas Polda NTB sendiri yakni Briptu Maman dan Briptu M Tauffan sebagai pagah dan don. Sedangkan untuk pemeran Polantas melibatkan anggota dari Sat Lantas Polresta Mataram yakni Aipda Kiki dan Bripda Astried.
Film ini berisi pesan larangan mudik yang menggambarkan bahwa dalam menjalankan tugas jangan mencoba untuk mengelabui petugas”jelasnya Kombes.pol Artanto (19/5)

Tambah olehnya menceritakan bahwa dalam film yang berdurasi kurang lebih dua menit itu, Pagah dan Don berniat ingin mudik kekampung halaman namun karena kebijakan pemerintah melarang mudik, mereka pun berencana licik demgan kelabui petugas dengan berpura-pura menjadi pengantar paket yang membawa kardus besar sebagai modus saat pemeriksaan oleh petugas yang melakukan penyekatan arus lalu lintas.
ternyata didalam kardus tersebut yakni si don yang bertubuh bongsor bersembunyi disana bersama barang bawaanya yang akan di bawa pulang kampung,” ucap Artanto.

Namun ditengah perjalanan nasib sial pun dialami mereka karena si Pagah tidak menggunakan masker saat berkendara yang akhirnya itu membuat rencana pulang kampung merekapun gagal total dan ketahuan oleh petugas disana.

Dalam scene akhir di film pendek tersebut memperlihatkan Kabidhumas Polda NTB yang didampingi Kasat Lantas Polresta Mataram dan tiga personelnya kaget karena menemukan manusia di dalam kardus dan merekapun kompak tepuk jidat karena kelakuan dua pemuda tersebut.

Selengkapnya tentang film karya Bidhumas Polda NTB tersebut silahkan cek link youtube pagah d lok don official https://youtu.be/5hs7ODCfdwY atau kunjungi Instagram resmi Polda NTB dengan nama akun @PoldaNTB

( Mj- ibn )



  • Bagikan