Tim Gabungan Temukan 2 Positif Covid-19 Saat Swab Antigen Secara Acak di Dompu

  • Bagikan

Dompu, NTB – Matajitunews.com

Dalam rangka mensukseskan amanah dari program Kampung Sehat Jilid II yang digagas Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K MH dalam mendukung pemulihan ekonomi pemerintah dan percepatan penanganan Covid-19 di wilayah NTB khususnya Kabupaten Dompu.

Dalam mewujudkan program Kapolda tersebut Tim Gabungan dari Kepolisian Resor Dompu, Polsek Pekat bersama Petugas Puskesmas Nangakara menggelar Swab Antigen kepada pelaku pasar, pada Rabu (2/6/2021). Dari 20 orang yang di Swab, 2 diantaranya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Sesuai kuota, 20 orang pelaku pasar Rabu yang berlokasi di Desa Beringin Jaya di swab antigen. 2 orang positif,” ujar Kasi Humas Polres Dompu, Ipda Handik Wijaksono.

Kasi Humas menyampaikan, dua orang yang dinyatakan Positif Covid-19 tersebut tidak menunjukan gejala klinis. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka yang positif terpapar itu berpotensi menularkan virus kepada masyarakat lainnya.

Ini perlu adanya peran dan sinergitas secara terpadu dari Nakes, Bhabinkamtibmas, Babinsa maupun Pemdes setempat untuk tetap memantau warga yang positif hasil swab antigen ini. Agar mereka tetap selalu waspada dalam kegiatan sosial dan disiplin dengan cara isolasi mandiri,” pungkasnya.

Selain itu, juga diperlukan edukasi atau memberikan pemahaman yang baik terhadap mereka yang terpapar, agar tidak menjadi sesuatu hal yang menakutkan yang berdampak pada menurunnya imun tubuh.

Handik Wijaksono menjelaskan, kegiatan Swab Antigen ini merupakan salah satu upaya untuk mendeteksi guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Pekat.
Ini adalah upaya untuk mencegah penyebarang Covid-19 melalui aktivitas masyarakat khususnya di pusat keramaian seperti pasar,” tutup Handik.

( Mj – ibn )
.




  • Bagikan