Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Ingatkan Warga Taati Prokes Covid-19 Untuk Kesehatan Bersama

  • Bagikan

Matajitunews.com, Belu NTT – Menghadapi pandemi Covid-19, Pemerintah baik pusat maupun daerah terus berupaya meminimalisasi masyarakat terpapar virus corona dengan menggandeng instansi terkait baik TNI, Pori maupun seluruh komponen masyarakat.

Terkait dengan persoalan itu, personel Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur gencar melakukan sosialisasi dan edukasi tentang protokol kesehatan Covid-19 seperti yang dilakukan hari ini oleh Pos Salore di Dusun Mudafehan Desa Tulakadi Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Minggu (13/6/2021).

Terlihat tiga orang tim kesehatan Pos Salore memberikan sosialisasi bahaya virus corona dan menekankan penerapan protokol kesehatan Covid-19 terutama 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas keluar rumah.

Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas Sektor Timru di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat menyampaikan sejak ditetapkannya virus corona sebagai pandemi oleh pemerintah pada tahun 2020 lalu, maka ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk saling mengingatkan dan mengedukasi satu dengan yang lainnya sehingga dapat menghambat bahkan meminimalisasi masyarakat terpapar Covid-19.

Selain itu, lanjut Bayu Sigit, saat ini pemerintah masih berupaya untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dengan skala prioritas terutama tenaga kesehatan, TNI, Polri dan Pemerintah Daerah karena mereka sebagai garda terdepan yang lebih dominan berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Ini dilakukan secara bertahap sampai seluruh masyarakat di vaksin termasuk masyarakat yang lanjut usia,” terangnya.

Khusus untuk personel Satgas Pamtas yang dipimpinnya, menurut Dansatgas, ada sebagaian yang sudah di vaksin, ada juga yang baru sekali dan ada beberapa anggota yang belum sama sekali di vaksin.

“In syaa Allah mulai tanggal 21 bulan ini, anggota yang belum tuntas di vaksin sebanyak 2 kali akan di vaksin secara bertahap. Yang baru sekali akan di vaksin tahap 2 dan yang belum sama sekali akan di vaksin untuk tahap pertama hingga betul-betul semua sudah di vaksin,” jelasnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dipusatkan di Rumas Sakit Tentara (RST) atau Denkesyah TK IV Atambua. “Mari kita terapkan protokol kesehatan Covid-19 mulai dari diri kita, lingkungan dan lingkungan yang lebih luas secara sadar demi keselamatan dan kesehatan kita semua,” tutup pria yang hobby gym tersebut. (ISJ07)




  • Bagikan