Perpol No 2 Tahun 2021, Polres Sumbawa Lakukan Perubahan Susunan Organisasi

  • Bagikan

Sumbawa – Matajitunews.com.
Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat. Institusi Polri mengadakan perubahan susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) pada tingkat Kepolisian Resor dan Kepolisian Sektor.

Ditemui usai kegiatan upacara sertijab di Lapangan Apel Mapolres Sumbawa, Rabu (16/06/21) pagi, Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.IK. MH., dikonfirmasi melalui Kasie Humas Akp Sumardi, S.Sos. menjelaskan bahwa hal tersebut di atur dalam Peraturan Polri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Tingkat Polres dan Polres, yang menggantikan Perkap Nomor 23 Tahun 2010.

Dimana dalam Perpol tersebut ada penambahan subsatker baru seperti Bagian Logistik, Seksi Humas dan Seksi Hukum, serta perubahan nomenklatur seperti Kepolisian Resort menjadi Kepolisian Resor dan Bagian Sumber Daya menjadi Bagian SDM dan lainnya,” Jelasnya.

Sambungnya, hal itu juga diikuti para pejabat didalamnya dengan adanya perubahan struktur organisasi, Diantaranya Kasubbag Humas yang tadinya dibawahi Bag Ops sekarang menjadi struktur tersendiri dibawa Kapolres yang membawahi subsi PIDM dan Subsipenmas, Sikum yang semula dibawah Bag Sumda menjadi struktur tersendiri yang membawahi Subsibankum, dan Subsiluhkum. Sat Samapta yang semula Sat Sabhara mengalami penambahan unit yaitu Unit Polsatwa ( Skeleton ). Satpolair pada perubahan nomenklatur baru menjadi Sat Polairud. Sitiepol yang berubah menjadi Sie TIK. Urkes semula di bawah Subbag Pers Bag Sumda kini menjadi Sie Dokkes dan membawahi Subsie Dokpol dan Subsie Kespol.

Selain itu ada juga pembentukan Subbag Kerma pada Bag Ops sehingga Kabag Ops membawahi Subbag Bin Ops, Subbag Dal Ops, dan Subbag Kerma. Perubahan nama Bag Sumda menjadi Bag SDM dan membawahi Subbag Binkar, Subbag Watpers dan Subbag Dalpers. Subbagstrajemen RB di bawah Kabag Ren sehingga Kabag Ren membawahi Subbag Ren Prograr, Subbag Dal Progar, dan Subbagstrajemen RB. Pengembangan Subbag Sarpras (semula dibawah Bag Sumda) menjadi Bag Log (penambahan pejabat Kabag Log pangkat Kompol) membawahi Subbag Bekpal dan Subbag Faskon.

Untuk perubahan tipe Polres yakni Polrestabes menjadi Tipe A, Polres Metro menjadi Polres Tipe B, Polresta menjadi Polres tipe C dan Polres menjadi Polres tipe D.

Tambah Kasie Humas,  bahwa Institusi polri mengadakan perubahan susunan organisasi dan tata kerja pada tingkat kepolisian resor dan kepolisian sektor dilakukan guna lebih meningkatkan pelayanan prima terhadap masyarakat.

“Semoga dengan adanya banyak perubahan membawa ke arah lebih baik lagi, kita wajib untuk mempersiapkan diri, menuju pelayanan Polri yang Presisi dan juga sarana penunjang karier bagi personil,” pungkasnya ( Mj.ibn )




  • Bagikan