Pasukan Emak-Emak Berjibaku di Lokasi TMMD : Angkut Batu, Nyangkul hingga Dorong Gerobak

  • Bagikan

Lombok Tengah, Matajitunews.com

Sejumlah anggota TNI dari Satuan Kodim 1620/Loteng dan TNI dari satuan lainnya berjibaku saling bahu membahu berbaur dengan ibu-ibu warga setempat dalam pelaksanaan TMMD KE-111 TA. 2021 wilayah Kodam 1620/Loteng, Kamis, (17/06/2021)Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 yang dilaksanakan serentak di Lima desa empat Kecamatan yang ada di wilayah Teritorial Kodim 1620/Lombok Tengah telah memasuki hari ke-2.

Progres pembangunan yang dicapai baik fisik maupun non fisik juga terlihat signifikan. Hal ini tidak terlepas dari peran serta dari berbagai komponen masyarakat, yang salah satunya adalah peran aktif kaum ibu-ibu baik perorangan maupun kelompok.

“Peran ibu-ibu dalam mensukseskan TMMD tidak bisa dipandang sebelah mata. Justru mereka multi peran dari pangkal hingga ujung. Merekalah yang membantu menyiapkan logistik dengan memasak di dapur, tapi tidak sedikit dari mereka juga membantu bapak-bapaknya mengangkut material,” ungkap Dandim 1620/Loteng.

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP selaku Dansatgas TMMD mengungkapkan, dari hasil pantauan yang dilakukan di lokasi TMMD mereka tak segan-segan turut membantu mengangkut batu, Pasir, meratakan tanah menggunakan cangkul hingga mendorong gerobak menyelesaikan sasaran fisik dan mensuplai kebutuhan Logistik anggota Satgas dan warga yang bekerja.

“Seperti yang dilakukan ibu-ibu Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB, mereka berjibaku saling membantu bersama para Anggota Satgas TMMD dan Warga Masyarakat dengan bergotong royong mensukseskan pelaksanaan Program TMMD,” ungkap Dandim.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD mengatakan bahwa sudah sejak hari pertama pelaksanaan TMMD, Anggotanya dan warga setempat tak terkecuali ibu-ibu juga turut serta membantu Pak Tentara dan warga yang tengah bekerja di lapangan.

Dandim menambahkan, semangat kaum wanita dalam mensukseskan Program TMMD juga terlihat dari Dua Kampung yakni Kampung Surabaya dan Kampung Kebon Tengak Dusun Bat Peken Timuk Desa Bonjeruk yang juga turun langsung ke lapangan untuk mengerjakan dan mengerahkan warga Desa untuk menyelesaikan sasaran fisik perintisan jalan sepanjang 791 meter di Desa Bonjeruk.(IA-1, Rzl).




  • Bagikan