Tahun 2021, Pokir DPRD NTB Capai 100 Milyar di Perkim

  • Bagikan

Mataram, Matajitunews.Com – Dalam upaya mensukseskan visi misi dan program NTB Gemilang dibawah kepemimpinan Gubernur NTB Dr H Zulkiflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr Hj.Siti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi), maka selama tiga tahun terakhir (2018 – 2020).

Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Nusa Tenggara Barat (NTB) sesuai dengan tupoksi yang dimiliki telah melaksanakan sejumlah program kerja penyelenggaraan penataan dan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman dengan hasil yang dinilai sangat memberikan kontribusi bagi masyarakat di daerah ini, ungkap Kepala Dinas Perkim NTB Jamaluddin, MT., kepada awak media, Kamis (24/6).

Adapun capaian kinerja penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman dimaksud, terang Jamal akrab pejabat muda low profil asal Sumbawa ini disapa, meliputi pembangunan dan peningkatan kualitas jalan lingkungan tahun 2020 sebanyak 1.132 lokasi.

Dan program KOTAKU 2019 masyarakat mendapat perbaikan dan pembangunan drainase sebanyak 87.826, masyarakat mendapat perbaikan peningkatan akses sanitasi layak sebanyak 46.418, masyarakat mendapat perbaikan peningkatan akses air minum 63.506 serta 432.434 masyarakat mendapat perbaikan peningkatan persampahan.

Disamping itu, telah pula dibangun rumah layak huni sebanyak 46.232 unit. Dimana program unggulan ini dilakukan dalam penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), 925 unit sarana hunian pariwisata (Homestay) program ini merupakan program dengan tujuan peningkatan ekonomi khususnya disektor pariwisata berfokus pada inovasi rehabilitasi homestay dikawasan strategi pariwisata nasional (KSPN) prioritas.

Ada pula pembangunan rumah khusus sebanyak 1.077 unit, dan inisiatif ini dikhususkan kepada masyarakat nelayan, mahasiswa dan pekerja lainnya yang memenuhi kriteria. Pasalnya, Program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 21.311 unit program ini merupakan bantuan stimulan pada masyarakat yang rumahnya masuk kriteria tidak layak huni menjadi rumah layak huni, serta pembangunan 50 unit rumah susun, papar Jamal.

“Oleh karena itu untuk program tahun 2021 ini, dengan menggunakan bantuan anggaran mencapai sekitar Rp 100 Miliar lebih yang merupakan aspirasi pokok pikiran (Pokir) dari seluruh anggota DPRD NTB. Maka dihajatkan untuk menunjang berbagai program Dinas Perkim 2021, baik itu untuk menunjang kegiatan pembenahan, perbaikan dan pembenahan rumah layak tidak huni, jalan lingkungan, sanitasi dan air bersih serta program lainnya yang tersebar pada 10 Kabupaten/Kota se NTB,”

Dimana seluruh paket proyek Pokir Dewan tersebut. Saat ini tengah diproses penuntasan kontraknya dengan harapan paling tidak pada awal Juli 2021 sudah bisa dilaksanakan kegiatan action lapangannya, dan pihaknya telah meminta kepada rekanan kontraktor pelaksana agar bekerja secara profesional dan proporsional dengan tetap mengedepankan mutu dan kualitas hasil pekerjaan, serta mengharapkan kepada warga masyarakat penerima manfaat agar mari bersama-sama melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan proyek dimaksud, sehingga apa yang menjadi harapan Pemerintah dan masyarakat dapat terwujud sebagaimana yang direncanakan. Tungkasnya. (Mj-01)




  • Bagikan