HUT Ke-76 RI, Danrem 162/WB Ajak Seluruh Komponen Masyarakat Perangi Covid-19

  • Bagikan

Mataram – Matajitunews.com

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., bersama Forkopimda provinsi Nusa Tenggara Barat menghadiri upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia di lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB jalan Pejanggik No.12 Kota Mataram, Selasa (17/8/2021).

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 yang juga dihadiri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, Danlanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam, Kajati NTB Nanang sigit julianto, Kabinda NTB (diwakili oleh Kabagdukops Binda NTB Kolonel Arm N. Heru Susanto), Kepala BNN NTB Kombes Pol Gagas Nugraha, Sekda Prov. NTB Lalu Gita Ariadi, Ketua DPRD NTB Baiq Isvie rupaeda, dipimpin Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., selaku Inspektur Upacara.

Komandan Korem 162/WB usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, seluruh rakyat Indonesia patut bersyukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan nikmat-Nya sehingga sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan maupun kekuatan untuk merayakan hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia dengan penuh hidmat walaupun dalam situasi pandemi Covid-19.

Menurutnya, kemerdekaan bangsa Indonesia yang kita nikmati ini tidak terjadi secara sendirinya namun berkat upaya keras para Pahlawan ataupun pendahulu kita yang telah merebutnya dari tangan penjajah, mereka bersatu padu berjuang dengan darah dan air mata bahkan sampai meregang nyawa di medan pertempuran.

Karena itu, sambungnya, di masa pandemi saat ini kita harus mencontoh semangat juang dan pengorbanan para Pahlawan kemerdekaan. Sebagai pewaris bangsa baik pemerintah pusat ataupun daerah, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta segenap lapisan masyarakat lainnya harus satu persepsi dan satu suara bersatu padu berperang melawan Covid-19.

“Ayo kita lawan Covid-19 dengan mengikuti semua kebijakan pemerintah, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berkerumun dan kurangi mobilitas di luar rumah serta ikuti vaksinasi dan patuhi PPKM agar Covid-19 tidak terus menerus merongrong kehidupan masyarakat Indonesia,” ajaknya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dalam amanatnya pada upacara pengibaran Bendera menyampaikan, sudah satu tahun lebih kemerdekaan bangsa Indonesia kembali diuji. Bukan lagi perang dengan mengangkat senjata seperti yang dilakukan para pahlawan tempo dulu melainkan musuh yang tak terlihat yaitu Covid-19 yang melanda seluruh dunia yang telah membawa dampak pada semua lini kehidupan baik kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

“Adanya wabah ini mendorong kita untuk terus beradaptasi dan berinovasi,” ujarnya.

Dengan kerja keras dan inovasi, kata Wakil Gubernur, para pakar akhirnya menemukan vaksin serta merekomendasikan penerapan protokol kesehatan sebagai solusi yang terbukti mujarab untuk menghadapi wabah ini. Meski demikian, hadirnya ancaman baru berupa varian-varian dari virus corona ini harus menjadi alarm bagi kita untuk lebih berhati-hati dan mawas diri, sembari tetap disiplin dalam menerapkan aturan protokol kesehatan yang berlaku, demi keselamatan kita bersama.

Selain Upacara Pengibaran Bendera tersebut, Forkopimda NTB juga mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan Istana Merdeka yang dipimpin Presiden RI Ir. H. Joko Widodo secara Virtual, di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB.(IA-1, Rzl).




  • Bagikan