Program Pompa Hidram Kodam IX/Udayana, di Resmikan Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.han

  • Bagikan

Lombok Timur – Matajitunews.com

Kebutuhan air bersih sangat dirasakan oleh masyarakat terutama pada musim kemarau seperti sekarang ini. Hari ini Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., meresmikan satu unit pembangunan pompa hidram di Desa Tete Batu Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, Kamis (26/8/2021).Peresmian pompa hidram itu dihadiri Forkopimda Lotim, Kades Tete Batu Sabli dan undangan lainnya dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Danrem 162/WB dalam sambutannya mengatakan Kodam IX/Udayana memiliki program pembangunan pompa hidram untuk seluruh wilayah Bali Nusa Tenggara dan untuk NTB mendapat 34 titik pompa hidram yang akan dipasang di Lombok dan Sumbawa.

“Untuk Lombok Timur sesuai rencana ada titik yaitu di dua di Desa Lendang Nangka dan satu di tempat kita sekarang ini di Desa Tete Batu,” paparnya.

Menurut Ahmad Rizal, pembangunan pompa hidram ini merupakan bantuan dari Pangdam IX/Udayana yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih baik untuk mandi, memasak, mencuci dan lainnya.

“Alhamdulillah hari ini sudah bisa digunakan dan dinikmati oleh masyarakat, semoga bermanfaat,” ujarnya.

Jenderal Bintang Satu itu juga meminta kepada masyarakat untuk merawat pompa hidram tersebut dengan harapan memiliki masa pakai yang lama terutama dari kotoran atau sampah yang dapat menghambat lajunya air dari mesin sampai bak penampung karena melalui pipa.
Sebelumnya, Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy mengatakan bahwa Desa Tete Batu merupakan desa yang dikenal sebagai desa destinasi wisata untuk masyarakat lokal maupun mancanegara.

Dijelaskannya, sumber air yang ada di Dusun Lingkung Utara ini maupun di tempat lain yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur banyak digunakan oleh masyarakat, sedangkan sumber airnya terlalu dalam sehingga masyarakat mengalami kesulitan untuk memanfaatkannya.

“Desa Tete Batu akan mewakili Indonesia untuk lomba desa pariwisata di tingkat Internasional, semoga bisa menjadi juara dengan penilaian yang obyektif,” tutupnya.

Usai memberikan sambutan, Danrem 162/WB didampingi Bupati, Kasi Intel kasrem 162/WB Kolonel Inf Setiya Asmara, Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Prihanto Dony, Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono dan Kasi Intel Kajari Lombok Timur L. Suryadi membagikan sembako kepada masyarakat kurang mampu secara simbolis dilanjutkan dengan penekanan tombok sebagai tanda peresmian pompa hidram di Desa Tete Batu.(Rzl).




  • Bagikan