Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Covid-19 Secara Serentak di NTB

  • Bagikan

Mataram – Matajitunews.com

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo bersama rombongan menggelar kunjungan kerja di Lombok Provinsi NTB yang disambut hangat Forkopimda NTB dan Forkopimda Kota Mataram di SMAN 4 Mataram, Jumat (10/9/2021).

Kehadiran Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan di SMAN 4 Mataram dalam rangka melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi nasional Covid-19 di Kota Mataram dan menyaksikan secara virtual di seluruh wilayah kabupaten kota se – NTB.

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dalam laporannya menyampaikan hari ini seluruh kabupaten kota di NTB melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara serentak. Untuk Kota Mataram sendiri hari ini menyiapkan 6 ribu dosis dan untuk sembilan kabupaten kota yang lain seluruhnya berjumlah 45 ribu dosis vaksin.

Pelaksanaan vaksin tersebut menurut Danrem, dilaksanakan oleh gabungan personel TNI, Polri bersama tenaga kesehatan dari Pemerintah Daerah yang dilaksanakan di 380 lokasi tersebar di seluruh kabupaten kota se – NTB.

“Alhamdulillah salah satu dampak positif vaksinasi dan protokol kesehatan Covid-19 yang dillaksanakan secara gencar dan serentak, status PPKM dari level 4 turun menjadi level 3. Ini berkat kerjasama semua pihak termasuk kesadaran masyarakat NTB untuk mengikuti anjuran dan imbauan pemerintah,” ungkapnya.

Panglima TNI pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas antusias masyarakat yang melaksanakan vaksinasi di daerah masing-masing dan hasilnya akan dilaporkan kepada Kementerian Kesehatan RI.

Jenderal TNI bintang empat itu juga memberikan apresiasi kepada seluruh Bupati dan Walikota tentang pelaksanaan vaksinasi di NTB yang begitu cepat dengan menghabiskan dosis vaksin yang tersedia secara massal dan berjenjang.

“Ini semua akan kita laporkan kepada Kementerian Kesehatan RI dengan harapan segera dapat tambahan dosis vaksin sehingga dapat meminimalisasi penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengamini langkahh Panglima TNI untuk melaporkan kondisi yang ada khususnya terkait dengan kekurangan dosis vaksin di NTB kepada Kementerian Kesehatan agar segera di dukung.

Namun demikian, kata Kapolri, sambil menunggu dukungan vaksin tersebut, Pemerintah Daerah diminta untuk menyiapkan ruang isolasi dan tenaga kesehatan atau vaksinatornya sehingga apabila vaksin Covid-19 sudah ada bisa langsung dilakukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksin.

Terkait dengan pelaksanaan superbike dan MotoGP di Kawasan Ekonomi Mandalika, Alumnus Akmil 1991 itu meminta perkembangan terkini terkait vaksinasi di wilayah tersebut sehingga bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Disebutkannya, berdasarkan laporan yang ada, target vaksinasi hari ini sebanyak 7.117 dosis dan capaian hari ini mencapai 4.118 dosis. Target selama satu minggu kedepan sudah mencapai 25 ribu dosis khususnya di Kecamatan Pujut sebagai lokasi pelaksanaan superbike dan MotoGp.

“Tolong dihimpun kekurangannya sehingga pelaksanaan superbike pada November mendatang sudah mencapai target dan bisa berjalan sesuai rencana,” pungkasnya.(Rzl).




  • Bagikan