Jaga Kelestarian Alam, Pangdam IX/Udayana Tanam Pohon Mangrove di Pantai Blonsong Lombok Tengah*

  • Bagikan

Lombok Tengah – Matajitunews.com

Selain meninjau Pompa Hidram di wilayah Kodim 1615/Lotim, dalam kunjungan kerjanya di Lombok hari ini Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak juga melaksanakan penanaman pohon mangrove di dusun Blongsong desa Kidang kecamatan Praya Timur kabupaten Lombok Tengah.

Sekitar 23.800 pohon dicanangkan akan mulai ditanam. Kegiatan ini merupakan aksi sosial untuk menciptakan hutan lindung (bakau) yang dilaksanakan oleh Kodim 1620/Loteng bersinergi dengan beberapa stakeholder seperti Polri, Satpol PP, Kelompok Gerakan Jaga Alam dan Air BP DAS, kelompok nelayan, pramuka dan masyarakat.

Demikian disampaikan Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., disela-sela mendampingi Pangdam IX/Udayana saat penanaman pohon mangrove secara simbolis di lokasi setempat, Senin (13/9/2021).

Menurut Danrem 162/WB, sesuai arahan ataupun perintah Pangdam IX/Udayana kepada jajarannya untuk melaksanakan Gerakan Jaga Alam dan Air (Gejala) salah satunya penanaman pohon bakau untuk melindungi garis pantai dari abrasi sekaligus melestarikan ekosistem di sekitarnya.

“Ini salah satu kepedulian TNI untuk menjaga alam agar tetap lestari dan membentuk kembali lingkungan hidup maupun ekosistem yang hampir rusak atau punah akibat ulah manusia,” ujarnya.

Sebelumnya, Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya mengatakan, sekarang kita dapat merasakan global warming (pemanasan global) serta perubahan cuaca yang tidak menentu. Hal ini terjadi karena jumlah tumbuh-tumbuhan di bumi setiap tahun berkurang cukup tinggi.

“Apabila kita menyadari, keadaan ini sebetulnya sangat berbahaya karena akan menyebabkan perubahan yang membawa kerugian untuk kehidupan makhluk hidup,” terangnya.

Karena itu, orang nomor satu di Kodam IX/Udayana ini mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama berperan dalam menjaga kelestarian alam serta menghijaukan kembali lahan yang telah gundul dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya agar sumber air tetap melimpah dan mengalir dengan baik.

“Sebetulnya itu bisa, cuma butuh para pelopor, butuh pendukung-pendukung dari masyarakat sekalian. Mudah-mudahan ini jadi suatu bagian dari pemeliharaan kita untuk alam,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Loteng Lalu Fathul Bahri menyampaikan, TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah selalu bersinergi untuk terus melakukan yang terbaik di Kabupaten Lombok Tengah, seperti penanaman pohon mangrove dan sejumlah pohon lainnya dengan harapan agar kegiatan yang dilakukan tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat dalam terciptanya penghijauan.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemberian bantuan sebagai bentuk penghargaan berupa sejumlah keramik oleh Pangdam IX/Udayana kepada Ketua Kelompok Pengurus Budidaya Mangrove, Bapak Nyojak.(Rzl).




  • Bagikan