Kunjungan Kerja di Lombok, Pangdam IX/Udayana Tinjau Pompa Hidram di Desa Tete Batu Lombok Timur

  • Bagikan

Lombok Timur – Matajitunews.com

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., beserta rombongan didampingi Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani meninjau Pompa Hidram di dusun Lingkung Utara desa Tete Batu kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur disambut Forkopimda dan Muspika setempat, Senin (13/9/2021).

Dalam kegiatan itu, Pangdam IX/Udayana menerima paparan singkat Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Amin M. Said, tentang cara kerja dan jumlah masyarakat yang memanfaatkan air Pompa Hidram, selanjutnya mengecek keran air pompa Hidram ke rumah-rumah warga dan peninjaun rencana pembangunan Toilet umum berstandar Internasional.

Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya mengaku sangat senang dan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena bisa membantu masyarakat dalam pemenuhan air bersih melalui program Pompa Hidram khususnya di wilayah Kodam IX/Udayana (Bali, NTB dan NTT).

Menurutnya, ada 151 pompa Hidram yang sudah dibangun dan sudah dinikmati manfaatnya oleh masyarakat di wilayah Bali dan Nusra (Nusa Tenggara). Semuanya bisa terlaksana dengan lancar berkat tekat dan kerja keras serta dukungan dari masyarakat dalam pengerjaannya.

“Saat ini kita akan mulai membangun sekitar 50-an pompa Hidram termasuk di NTB, kami mohon doa supaya rencana kami bisa berjalan dengan baik,” ungkap Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sembari meminta dukungan dan doa dari seluruh pihak dan masyarakat.

Mantan Komandan Paspampres itu juga mengungkapkan, pembangunan pompa Hidram ini selain untuk keperluan keluarga seperti masak, mandi, mencuci dan lainnya juga untuk memenuhi kebutuhan pertanian dan peternakan, sehingga kedepan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang mengalami stunting karena semua kebutuhan pokok dapat terpenuhi.

Oleh sebab itu, sambungnya, dalam setiap pembangunan pompa Hidram agar dibuat minimal ada empat dudukan pompa, agar nantinya pompa dapat ditambahkan sehingga air lebih maksimal dan dapat digunakan untuk pertanian maupun peternakan.

“Dengan demikian, jika nanti desa memiliki dana bisa menambahkan pompa lagi sehingga air bisa digunakan untuk pertanian dan peternakan,” Harapnya.

Ketua BPD Desa Tete Batu, Atharudin mengatakan, selama ini masyarakat setempat sangat kesulitan air terutama di musim kemarau padahal memiliki sumber air yang melimpah, namun dengan adanya Pompa Hidram ini mereka mengaku sangat terbantu terutama air untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Demikian juga Kepala Dusun Lingkung Utara, Muhsan dan seorang perwakilan warga, Neny Hidayati mengaku keberadaan pompa Hidram ini sangat bermanfaat karena sekarang air langsung mengalir ke rumah mereka, dimana sebelumnya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit mengambil air untuk mandi dan lain sebagainya.

“Terimakasih Bapak TNI, Bapak Panglima sudah membangun Pompa Hidram, sekarang kami tidak perlu mengangkut air lagi,” ucap mereka.

Terlihat dalam rombongan Pangdam IX/Udayana, Irdam Brigjen TNI Erwin Djatniko, Asrendam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kainfolahtadam IX/Udayana, dan Dandenmadam IX/Udayana. Turut mendampingi, Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan dan para Kasi Korem 162/WB.(Rzl).




  • Bagikan