Sintelad Gelar Sosialisasi Binkom AGHT Cegah Konflik Sosial di wilayah Korem 162/WB

  • Bagikan

Mataram – Matajitunews.com

Staf Intelijen Angkatan Darat (Sintelad) menggelar Sosialisasi Pembinaan Komunikasi Ancaman Gangguan Hambatan dan Tantangan (AGHT) Cegah Konflik Sosial di wilayah Korem 162/WB yang diikuti oleh Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda se-Pulau Lombok di Gedung Soedirman Makorem 162/WB jalan Lingkar Selatan Kota Mataram, Jum’at (8/10/2021).

Kegiatan Pembinaan Komunikasi (Binkom) cegah konflik sosial di wilayah Korem 162/WB merupakan salah satu upaya preventif melalui metode ceramah dan tanya jawab. Selama kegiatan para peserta menerima pemaparan materi dari para narasumber dengan tema “Peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial”.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., dalam sambutanya dibacakan oleh Kasrem 162/WB Kolonel Arm I Made Kariawan menyampaikan, perkembangan teknologi informasi di era globalisasi seperti saat ini membawa banyak perubahan gaya hidup di masyarakat. Hal ini, tidak hanya membawa dampak positif namun juga memberi dampak negatif bila tidak bijak dalam penggunaannya.

Menurutnya, banyak permasalahan terjadi di masyarakat karena kesalahan informasi yang diterima terutama melalui media sosial (Medsos). Berita-berita hoax lebih cepat menyebar dan diterima oleh masyarakat, apalagi dimasa pandemi Covid-19 saat ini sehingga memungkinkan timbulnya konflik sosial.

Untuk itu, sambungnya, kita harus bijak dalam menerima informasi, kedewasaan dalam menerima perkembangan teknologi seperti saat ini sangat dibutuhkan agar kita mendapat manfaat dari perkembangan tekhnologi.

“Melalui kegiatan Binkom kepada masyarakat di wilayah, kita tingkatkan peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial khususnya di Provinsi NTB,” terangnya.

Selain itu, tambah orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB itu, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturrahmi agar hubungan komunikasi dan sinergitas Korem 162/WB dengan seluruh lapisan masyarakat NTB dapat berjalan baik, guna mencegah terjadinya konflik sosial di masyarakat sehingga situasi wilayah NTB tetap kondusif.

Sementara itu, Asisten Intelijen Kasad Mayjen TNI Suko Pranoto dalam sambutannya dibacakan oleh Ketua Tim Sosialisasi Kolonel Inf Muhamad Nas, SIP., menyampaikan, pandemi Covid-19 berdampak secara sistematik dan multidimensional terhadap seluruh aspek kehidupan, khususnya di sektor ekonomi seperti kolapsnya dunia usaha, kemiskinan, hingga kelaparan dapat menimbulkan gejolak konflik yang besar.

Karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk mencegah terjadinya konflik sosial sebagai langkah strategis untuk mencegah konflik sosial agar tidak semakin meluas, sehingga stabilitas keamanan yang kondusif tetap terjaga.

“Penanganan Konflik Sosial menurut Pasal 1 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2012 adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat, maupun sesudah terjadi Konflik yang mencakup pencegahan konflik, penghentian konflik, dan pemulihan pasca konflik,” paparnya.

Selanjutnya, dijelaskan, pencegahan konflik dilakukan dengan kondisi damai, mengembangkan upaya dalam sistem memelihara masyarakat, penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik serta membangun sistem peringatan dini.

Untuk itu, Asisten Intelijen Kasad mengajak segenap komponen masyarakat selalu bekerjasama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah situasi yang dilanda berbagai permasalahan, segera informasikan atau laporkan kepada pihak yang berwenang di wilayah masing-masing apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik di sekitar tempat tinggalnya sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna mencegah terjadinya konflik yang besar.

“Mari kita ikuti kegiatan ini dengan motivasi dan semangat yang tinggi, manfaatkan dengan sebaik-baiknya kegiatan serta tanyakan kepada narasumber tentang materi yang belum dipahami,” imbuhnya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh Kabankesbangpoldagri Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Abdul Wahid, SH. MH., dan Wadir Intelkam Polda NTB AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K., berikut sesi tanya jawab. Terlihat Kasiren Korem 162/WB Kolonel Arh Joko Purnomo, Kasi Intel Kasrem 162/WB Kolonel Inf Setiya Asmara turut hadir dalam kegiatan tersebut.(Rzl).




  • Bagikan