Berikan Pelayanan Terbaik, Lapas Sumbawa Besar Pastikan Kesehatan WBP

  • Bagikan
Petugas merujuk WBP yang sakit ke RS

Sumbawa, Matajitunews.com – Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak yang diperoleh warga binaan selama menjalani pidana baik itu di Lapas maupun Rutan. Hal tersebut sesuai yang diamanatkan dalam Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

Tersedianya Poliklinik dan petugas medis di Lapas merupakan salah satu bentuk pengimplementasian undang-undang tersebut. Setiap warga binaan yang memiliki keluhan kesehatan akan ditindak lanjuti oleh petugas kesehatan. Jika dirasa perlu untuk dilakukan perawatan lanjutan, maka petugas medis akan merekomendasikan untuk merujuk pasien ke rumah sakit.

Salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar, Jumat (10/12) kemarin dirujuk ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) H.L. Manambai Abdulkadir Sumbawa setelah sebelumnya mengeluh sesak nafas dan mendapatkan perawatan di Poliklinik Lapas.

Kalapas Sumbawa Besar melalui Kasi Binadik, Nawawi membenarkan bahwa ada warga binaannya yang di rujuk ke rumah sakit. Hal itu dikatakannya sebagai bentuk pemenuhan hak warga binaan dalam bidang pelayanan kesehatan agar mendapatkan perawatan yang lebih maksimal.

“Guna memberikan pelayanan prima dalam bidang kesehatan, kita putuskan untuk merujuk yang bersangkutan ke rumah sakit. Karena disana peralatan dan fasilitas lainnya lebih lengkap.” tutur Nawawi.

Upaya tersebut tentunya dilakukan dengan memperhatikan sejumlah ketentuan yang mempertimbangkan faktor keamanan serta persyaratan administratif. Sehingga dalam pelaksanaannya, perawatan warga binaan di rumah sakit selalu dilakukan pengawalan oleh petugas Lapas.

Perawat Mahir Lapas Sumbawa Besar, Hendra Restomi menjelaskan bahwa reaksi cepat tanggap petugas Lapas ketika menghadapi situasi darurat merupakan modal penting dalam memberikan pelayanan, serta koordinasi dan kerjsama yang terjalin baik dengan Rumah sakit maupun Puskesmas setempat. Terbukti dari pengalaman selama ini setiap warga binaan yang membutuhkan perawatan lanjutan selalu dapat dilayani dengan maksimal. (MJ-hms)




  • Bagikan