Peduli Sesama, Pengurus Karang Taruna Bantu Korban Banjir dan Tanah Longsor

  • Bagikan

Lombok barat, Infoaktualnews.com – Dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terkena musibah, Karang Taruna Kabupaten Lombok barat menyalurkan bantuan bagi warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Gunung sari, dan Batulayar, Minggu (12/21).

Gerakan yang berjargon Aksi 1221 ini melibatkan seluruh pengurus Karang Taruna Desa di Lombok barat. Mereka secara sukarela turun langsung menyasar lokasi terdampak di sejumlah pengungsian korban bencana.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok barat Ahmad Muzari mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial yang dilakukan Karang Taruna kepada masyarakat yang sedang menjadi korban bencana banjir dan Tanah Longsor.

“Karang Taruna akan berupaya selalu hadir di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, dan aksi ini merupakan bentuk kolaborasi yang luar biasa dari para pengurus yang ada di masing-masing Desa,” ungkap Muzari (sapaan akrabnya).

Pihaknya menyebut, aksi kemanusiaan ini tidak hanya sebagai bentuk kepedulian, melainkan sebagai ajang pengikat tali persaudaraan masing-masing pengurus karang taruna.

“Kita semua ini satu, tidak ada karang taruna desa ini dan desa itu, yang terpenting bagaimana kita karang taruna yang ada di Lombok barat ini bermanfaat untuk mereka yang terdampak bencana,” terangnya.

Melalui inisiatif para pengurus, lanjut Muzari, karang taruna membentuk kolaborasi kemanusiaan dengan menggalang dana di sejumlah tempat, baik secara langsung maupun melalui media sosial, sebagai upaya mencukupi kebutuhan para korban bencana.

Dalam aksi ini, pihaknya memprioritaskan kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan dan peralatan mengungsi para korban benacan, baik berupa alat tulis, sembako hingga peralatan ibadah.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Karang Taruna walaupun tidak seberapa bisa sedikit membantu masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor,” harapnya.

Bantuan yang dibawa menggunakan armada dari Ok-trans Lombok dan CV A&C tersebut diterima oleh para korban bencana yang masih berada di lokasi pengungsian, mengingat warga yang rumah mereka rusak karena bencana masih banyak yang mengungsi.

Sementara itu Rohmi Hidayah, salah seorang warga terdampak longsor dari desa Guntur Macan mengucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada karang taruna, berkat bantuan yang mereka terima.

“Alhamdulillah, ada tambahan kita untuk mencukupi kebutuhan pokok di pengungsian, ini juga ada perlengkapan bayi dan kesehatan,” ucap Rohmi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rahmatul Ikbal, Ketua RT 1 dusun Kekait, Desa Kekait, setelah menerima bantuan dari Karang Taruna. Pihaknya mewakili seluruh warga mengucapkan terimakasih karena telah meringankan beban warga terdampak banjir.

“Terimakasih banyak atas bantuannya, karena ini sangat kita butuhkan, apalagi autan, selimut, dan peralatan pembersih rumah,” ujar Rahmatul ikbal.

Ikbal berharap, para dermawan bisa terus memberikan keringanan bagi mereka yang terdampak, karena sulitnya untuk memulihkan ekonomi akibat banyak dari harta benda mereka yang hanyut terbawa banjir bandang.

“Kita berharap agar kita bisa terus mendapat perhatian dari pemerintah maupun para dermawan,” Harapnya. (MJ-01)




  • Bagikan