Puluhan Milyar digelontorkan ke Sumbawa, Ini Komentar Jamal

  • Bagikan

Sumbawa,  Matajitunews.com –  Guna mendukung sejumlah program pembangunan dan pembenahan kawasan pemukiman dan perumahan di Kabupaten Sumbawa tahun 2022.

Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) NTB telah mengalokasikan bantuan dana dari APBD NTB mencapai puluhan miliar rupiah, ungkap Kepala Dinas Perkim NTB, Jamaluddin Maladi, S.Sos., MT, saat dikonfirmasi media ini, Rabu (15/12).

Dijelaskan, sesuai dengan sejumlah program perencanaan dan pembangunan yang dilaksanakan  tahun anggaran 2022 yang diusulkan Dinas Perkim NTB, bahkan telah ditetapkan, diketuk palu  persetujuan dari DPRD Provinsi NTB dengan total anggaran yang dialokasikan bagi Dinas Perkim NTB sekitar Rp 280 Miliar.

Dimana anggaran tersebut, terang Jamal akrab disapa kadis perkim ntb ini, diperuntukkan dan akan dipergunakan bagi menunjang berbagai program pembangunan dan pembenahan sejumlah sarana prasarana dan fasilitas penunjang kawasan perumahan dan pemukiman di NTB termasuk didalamnya bagi Kabupaten Sumbawa.

Adapun, sejumlah program pembangunan dan pembenahan fisik yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang terang Jamal akrab pejabat muda low Profil yang juga Ketua NWDI Kabupaten Sumbawa ini disapa, sesuai dengan tupoksi, visi dan misi yang diemban, tentu akan lebih memprioritaskan pada pembangunan, pembenahan dan penataan kawasan pemukiman dan perumahan melalui program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) maupun Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang tersebar pada seluruh Kabupaten/Kota se NTB.

Jamal juga menyatakan, khusus untuk Kabupaten Sumbawa sesuai dengan program perencanaan yang diusulkan Pemda Sumbawa melalui Dinas PRKP Sumbawa. maka jatah alokasi anggaran yang diberikan untuk menunjang pelaksanaan program RTLH dan BSPS mencapai sekitar 20 Miliar lebih, dengan harapan dapat membantu warga masyarakat yang rumahnya tidak layak huni dapat ditingkatkan statusnya menjadi rumah layak huni, serta dapat membangun dan menata kawasan pemukiman yang tersebar di Kecamatan dan Desa yang mendapat bantuan program tersebut, misalnya dengan membangun dan menata jalan lingkungan dengan menggunakan rabat ataupun paving block, sehingga kawasan pemukiman dapat tertata dengan baik.

“Sejumlah program Perkim NTB tahun 2022 tersebut selain didukung dana APBD-NTB (Pokir Dewan), juga disupport dana bantuan APBN dari Pemerintah Pusat melalui program BSPS, dimana secara tekhnis sistem pelaksanaannya sama dengan tahun sebelumnya, dengan pelaksanaannya dipercayakan kepada kelompok masyarakat penerima manfaat (KPM) maupun rekanan kontraktor penyedia jasa menggunakan sistem penunjukan langsung (PL), dan sesuai dengan program perencanaan kegiatan action paling tidak sudah bisa dilaksanakan sekitar Maret – April 2022 mendatang,” papar Jamaluddin Maladi.

Oleh karena itu, Jamal meminta kepada seluruh KMP dan rekanan yang mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan program tersebut. agar benar-benar dalam pelaksanaan pekerjaan fisiknya di lapangan memperhatikan juklak dan juknis yang ditentukan, dengan tetap memperhatikan mutu dan kualitas yang dihasilkan. Sehingga apa yang direncanakan dan menjadi harapan bersama dapat diwujudkan sebagaimana mestinya. (Mj-01)




  • Bagikan