Dandim 1615/Lotim : Babinsa Manfaatkan Waktu Patroli Untuk Komsos

  • Bagikan

Matajitunews.com, Lombok Timur – Sebagai seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki tugas memberikan pembinaan teritorial kepada warga binaannya termasuk menciptakan rasa aman dan nyaman di desa.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., disela-sela kesibukannya di Selong Kabupaten Lombok Timur.

Dijelaskannya, Kodim 1615/Lotim sampai saat ini memiliki 11 Koramil yang tersebar dibeberapa kecamatan dengan Babinsa berada di setiap desa dan kelurahan.

“Kodim Lotim hanya memiliki 11 Koramil, jadi satu Koramil bisa memegang 2 sampai 3 kecamatan dan Alhamdulillah untuk Babinsanya sebagian besar satu desa satu Babinsa dan kekurangannya akan kita penuhi secara bertahap,” ungkap Amin.

Terkait dengan tugas Babinsa, selain harus memiliki lima kemampuan teritorial, mereka juga membantu Babinkamtibmas dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di desa atau kelurahan salah satunya dengan menggelar patroli malam bersama.

“Patroli malam ini dilakukan setiap malam yang bisa mereka manfaatkan untuk komunikasi sosial, sosialisasi atau imbauan kepada masyarakat terutama seperti sekarang ini mencegah penyebaran Covid-19. Ini sangat efektif untuk saling mengingatkan,” bebernya.

Pria murah senyum itu juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid-19 dengan olahraga, menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Ini penting agar tubuh tetap sehat, bugar dan tidak mudah terserang penyakit,” ujarnya.

Selain itu, Alumnus Akmil 2002 itu juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 di tempat-tempat yang sudah disiapkan.

“Yakin diri kalau sudah di vaksin Covid-19 baik dosis pertama maupun kedua agar tubuh memiliki kekebalan terhadap penularan virus corona,” tutupnya. (ISJ07)




  • Bagikan