News  

Kanwil Kemenkumham NTB Deklarasikan Janji Kinerja 2022

Sumbawa, Matajitunews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB M. Fadli mengikuti kegiatan Deklarasi Janji Kinerja, Penandatanganan Janji Kinerja, Perjanjian Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Barat, Senin (10/01).

Bertempat di lapangan upacara Kanwil Kemenkumham NTB, Deklarasi Janji Kinerja dipimpin Kakanwil Haris Sukamto yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Janji Kinerja, Perjanjian Kinerja dan Pencanangan ZI antara Kakanwil dan para Kepala Divisi. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTB dan Kepala Kejaksaan Tinggi NTB.

Penandatanganan selanjutnya dilakukan antara Kakanwil dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini diikuti pula oleh pejabat struktural di Lapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB melalui media virtual.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTB Adhar Hakim, dalam sambutannya mengatakan bahwa proses deklarasi janji kinerja ini merupakan salah satu dari sekian banyak upaya membangun tata kelola birokrasi di NTB yang dilakukan oleh Kemenkumham. Menurutnya, Deklarasi Janji Kinerja ini merupakan satu komitmen untuk siap diawasi dan terus berubah setiap saat.

“Ombudsman selalu mendorong dan memotivasi serta memberi semangat untuk tidak henti memperbaiki tata kelola birokrasi. Ombudsman berjanji untuk selalu ada di sebelah Kemenkumham NTB untuk bersama-sama menuju perbaikan tata kelola birokrasi,” tutur Adhar.

Sementara Lalu Gita Ariadi, Sekretaris Daerah Provinsi NTB yang hadir mewakili Gubernur NTB hari ini menyampaikan apresiasinya dan berharap agar capaian yang didapatkan oleh Kanwil Kemenkumham NTB baik Satuan Kerja binaannya pada tahun 2021 lalu dapat ditingkatkan di tahun ini.

“Deklarasi Janji Kinerja ini intinya bagaimana memberikan kualitas pelayanan prima kepada masyarakat. Pencanangan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ini merupakan keniscayaan menghadapi 3 (tiga) momentum penting yaitu Alam Reformasi, Demokratisasi dan Keterbukaan Informasi Publik,” terang Lalu Gita.

Sejalan dengan Lalu Gita, Haris Sukamto selaku Kakanwil juga menyatakan kegiatan ini salah satunya merupakan upaya mendukung reformasi struktural seperti pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, deregulasi, debirokrasi dan trasnformasi ekonomi. Ini merupakan langkah awal dalam menyukseskan Reformasi Birokrasi dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien serta pelayanan prima dan memuaskan.

“Kita perlu memperkuat langkah dan memperluas cakupan Zona Integritas untuk menciptakan pelayanan pubilik yang optimal, kapasitas birokrasi yang andal dan akuntabel serta SDM yang profesional,” tutup Haris.

Deklarasi Janji Kinerja ini juga turut disaksikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi NTB, Perwakilan Kepala BNNP NTB, Kepala Bapenda Provinsi NTB, Direktur Reserse Narkoba Polda NTB dan Ketua Komisi Informasi. (hms)