News, TNI  

Pastikan Kesiapan MotoGP, Pangdam IX/Udayana Tinjau Sirkuit Mandalika dan Hijaukan ITDC Kompleks

Lombok Tengah – Matajitunews.com

Kunjungan Kerja Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E. M.M., disambut Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si., bersama Forkopimda NTB di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) diiringi tarian Gendang Belek TNI Polri dan pengalungan selendang.

Kunjungan tersebut dimanfaatkan Pangdam IX/Udayana dan rombongan meninjau lokasi penanaman pohon mangrove yang diselenggarakan Kodim 1620/Loteng di Indonesian Tourism Development Coporation (ITDC) Kompleks Dusun Serenang Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (16/2/2022).

Setelah menerima paparan dari Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmawan, Pangdam IX/Udayana bersama rombongan didampingi Danrem 162/WB, Forkopimda Loteng dan GM PT. ITDC melaksanakan penanaman secara simbolis bibit pohon mangrove di atas lahan seluas 11 hektar.

Pangdam IX/Udayana dalam wawancaranya dengan awak media menyampaikan hari pertama kunjungan kerjanya di NTB ini, selain meninjau lokasi penanaman mangrove juga untuk mengecek kesiapan sirkuit Mandalika menghadapi event MotoGP pada Maret mendatang.

Menurutnya, penanaman mangrove di kawasan ITDC merupakan upaya TNI AD untuk membantu Pemerintah Daerah dalam menjaga kelestarian alam yang bertujuan untuk menahan abrasi daerah pesisir pantai dan kawasan ini kedepan akan menjadi lokasi ekowisata yang terintegrasi dengan sirkuit Mandalika.

“Di lokasi ini nantinya akan didirikan hotel-hotel, dan mangrove ini adalah bagian dari ekowisata untuk daya tarik pariwisata kedepan,” ujar Mayjen Sonny Aprianto.

Terkait kesiapan menghadapi MotoGP, orang nomor satu di jajaran Kodam IX/Udayana ini berharap adanya kesadaran dan kerjasama semua pihak untuk mensukseskan event internasional tersebut. Karena selain berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata NTB, juga dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah, penerapan protokol kesehatan secara ketat dan melaksanakan program vaksinasi nasional untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sebagai informasi, Kodim 1620/Loteng bersama Dinas Lingkungan Hidup, Bapedas dan masyarakat sudah melakukan penanaman mangrove sekitar 45 ribu bibit pohon di atas lahan seluas 9 hektar dan sisanya seluas 2 hektar sudah disiapkan bibit sebanyak 20 ribu bibit pohon

Usai melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove, Pangdam IX/Udayana bersama rombongan meninjau sirkuit Mandalika dalam rangka mengecek kesiapan pagelaran MotoGP pada Maret mendatang. (Rz).