News  

Kemah Literasi Sembalun Segera Digelar

Mataram– Matajitunews.com

Kumpulan beberapa komunitas Literasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipercayakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB untuk menyelenggarakan LitCamp tahun 2022, demikian kata Ketua TBM Tahdumul Jibal, Saifudin Rifa’i, kepada media ini Jum’at, (18/02/2022).

Menurut Saifudin Rifa’i program LitCamp22 adalah rangkaian kegiatan dari safari Literasi Duta Baca Indonesia dalam rangka menumbuhkan budaya menulis dan membaca, serta meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat.

“Kegiatan Safari Literasi Duta baca Indonesia dilakukan di beberapa titik di NTB yaitu: di Kota Mataram, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, Dompu dan Bima. Adapun LitCamp22 akan digelar di sembalun pada, 24-25 Feberuari 2022, selanjutnya pindah ke pulau Sumbawa,” ungkapnya.

Semua titik memiliki konten atau jenis kegiatan dan tema yang berbeda-beda, kata rifa’i, khusus di Sembalun mengusung nama kegiatan LitCamp22 dengan tema Literasi Untuk Semua, sedangkan Mataram Talkshow bersama Duta Baca Indonesia, KSB pelatihan Menulis dan Videografis, Sumbawa Besar bincang Literasi bersama Duta Baca Indonesia, dan Bima pelatihan Menulis insfiratif hingga menerbitkan Buku.

“Untuk LitCamp22, panitia sudah mempersiapkan dan melakukan koordinasi, konsolidasi, dan pertemuan-pertemuan dalam rangka persiapan ini,” kata Rifa’i yang juga sebagai ketua panitia pelaksana. Kegiatan dipusatkan di Sekolah Alam Rinjani Desa Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur.

Saifudin Rifa’i menyebutkan beberapa agenda yang akan ditampilkan dalam kegiatan LitCamp22, diantaranya: FGD atau Sarahsehan, Launching TBM SAR, Pentas Seni dan Budaya, Pembacaan puisi, Api Unggun dan Pelatihan menulis Cerpen.

“Ini rangkaian kegiatan yang akan menghadirkan narasumber sesuai tema, Duta Baca Indonesia, Bunda literasi NTB, kepala pusat bahasa dan perbukuan NTB, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB,” kata Rifa’i.

“Kita berharap literasi menjadi gerakan bersama, harus menyatukan dan literasi mengakar di bumi NTB. Untuk itu, semua pihak kita libatkan, PLS, para pegiat literasi, pengelola PKBM, SKB, LKP, para sastrawan,” sambung Rifa’i.

Ia menyebutkan bahwa melalui LitCamp22 ini terbangun soliditas, solidaritas, kebersamaan dan kekeluargaan antar para pegiat literasi dengan latar belakang masing-masing yang punya visi dan misi yang sama untuk membangkitkan dan menggempakan literasi dengan karya-karyanya, agar literasi berdampak besar bagi kehidupan masyarakat.

“Literasi adalah jantung kehidupan, artinya bahwa literasi adalah point centre kehidupan untuk membangun budaya baca, literasi keterampilan dan mindset dalam semua aspek kehidupan sehingga terjadi perubahan pola pikir, pola laku dan pola tindak yang diolah melalui literasi. Untuk itu saya mohon dukungan semua pihak, untuk masyarakat Kabupaten Lombok Timur dan Sembalun khususnya mari bergabung dalam LitCamp22 tahun 2022. Salam literasi, NTB Membaca-Indonesia Membaca,” tutup Saifudin Rifa’i.