News  

Berbagai komunitas literasi di NTB siap sukseskan Literasi Camp di sembalun

Matajitunews.com

Pra Agenda LITCAMP22 (Literasi Camp 2022) berlangsung di gedung sekretariat bersama KNPI pada Hari Ahad (20/02/2022) bertajuk “Dokumenter Gerakan Literasi” dihadiri 26 komunitas yang akan menjadi peserta di kegiatan mendatang.

Para peserta dikumpulkan sebagai konsolidasi awal dan pelatihan bagi pegiat TBM (Taman Bacaan Masyarakat) dan pegiat literasi di NTB. “Sebelun kegiatan LITCAM 22 kita bertemu untuk saling sumbang saran antara pelaksana dan peserta” ujar Saifuddin Rifa’i selaku ketua panitia sekaligus pegiat TBM Tahdumul Jibal Sembalun.

Selain itu Muh Azhari Wathani, selaku koordinator kegiatan juga menyampaikan pengarahan sekaligus motivasi bagi peserta, ia menekankan pentingnya membangun silaturrahmi dan berjejaring antar komunitas, “banyak hal kita bagi, apa yang dilakukan satu komunitas belum tentu dilakukan komunitas lainnya, Litcam 22 sebagai wadah untuk bertukar ide dan pengalaman untuk kemajuan gerakan literasi di NTB” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, Azhari juga memberi pengarahan terkait tujuan, bentuk dan sasaran dari pelaksanaan Litcamp22, “tanggal 24-25 kita di Sembalun, akan hadir Duta Baca Indonesia, Bang Gol A Gong, juga pemangku kebijakan terkait literasi, silahkan dimaksimalkan dan sampaikan gagasannya”.

Faruq Abdul Quddus, selaku fasilitator dokumenter gerakan literasi memberikan pengarahan terkait pembuatan narasi dan video profile komunitas yang menjadi peserta di kegiatan literasi, “melalu dokumenter kita bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat, penggiat literasi tak boleh melupakan sisi itu” ucapnya.

Semua peserta diharuskan membuat profile dan video dokumenter sebelum kegiatan dilaksanakan, “kita gak bisa menjelaskan ke setiap orang, biarkan video yang menjelaskan” tutup Faruq yang juga pegiat di Sahabat Buku Nusantara.