Berita  

Pemkab Batu Bara Dinilai Tidak Punya Perencanaan Matang Dalam Pembangunan

Batu Bara – Koordinator Pusat Aliansi Pemantau Independen (Korpus API) Sumut menilai Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Batu Bara tidak memiliki perencanaan yang matang dalam pembangunan.

Ketua Korpus API Sumut, Syahnan menjelaskan kepada wartawan, Jumat (25/02/2022) diantaranya, bangunan baru Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatab Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batu Bara saat ini terlihat berdiri megah di Jalinsum Medan – Kisaran, tetapnya di Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara.

“Namun sayang, hingga kini bangunan megah yang dibangun dengan Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tersebut masih menjadi polemik terkait kepemilikan tanahnya,”Sebutnya

Polemik itupun menyita perhatian publik, seperti halnya Ketua Korpus API Sumut, Syahnan, yang mempertanyakan terkait legal standing bangunan tersebut.

Syahnan menuturkan bahwa Pemkab Batu Bara tidak memiliki perencanaan yang matang di dalam pembangunan di Kabupaten Batu Bara.

Hal tersebut bisa dilihat dari pembangunan gedung Disdukcapil yang mana pembangunan gedungnya telah berdiri di atas sebidang tanah yang status kepemilikannya bukan milik pemerintahan.

Ini kita dapati dari informasi yang memperkuat dugaan kalau Pemkab Batu Bara sudah menghambur-hamburkan uang negara dengan sia-siakan,” Sebutnya

Belum lagi pembangunan gedung Disdukcapil tersebut yang bersumber dari dana PEN, yang mana Pemerintahan Pusat menyediakan dana PEN untuk menjadi alternatif bagi Pemerintahan Daerah dalam mendanai program-program prioritas demi mendorong percepatan PEN akibat dampak Pandemi Civid-19.

“Dari kaca mata publik kita tidak dapat melihat nilai urgensi yang membuat Pemkab Batu Bara mengapa sampai melaksanakan pembangunan gedung Disdukcapil tersebut, ditambahkan pembangunannya di atas tanah yang kepemilikan bukan milik Pemkab Batu Bara,” Ungkap Syahnan.

(Berita ini dilangsir dari Analisadaily)

Editor : Rahmat Hidayat