Tingkatkan Pengamanan Jelang Ramadhan, Lapas Sumbawa Geser Kunci dan Gembok Kamar

Sumbawa, Matajitunews.com – Jelang bulan Ramadhan jajaran Kesatuan Pengamanan bersama-sama dengan Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB melakukan kegiatan perawatan dan rolling gembok kamar hunian warga binaan, Rabu (30/03).

Sesaat usai apel serah terima regu jaga siang, petugas bergerak mengumpulkan setiap gembok yang ada di kamar hunian warga binaan untuk dilakukan pendataan dan pengelompokan sesuai dengan kondisinya. Gembok yang dalam kondisi baik kemudian dibersihkan dan diberikan cairan pelumas, sedangkan gembok yang dinyatakan tidak layak dilakukan penggantian.

Kalapas Sumbawa Besar melalui Kepala KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan) Syaripuddin Hazri mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya deteksi dini yang dilakukan jajarannya guna mencegah potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban menjelang puasa Ramadhan.

Lebih lanjut Syarip menyebut perawatan gembok dan anak kunci dilakukan secara berkala setiap tiga bulan sekali. Hal ini dimaksudkan agar kondisinya tetap terjaga sehingga dapat berfungsi dengan baik dan menunjang penyelenggaraan pengamanan.

“Perawatan dan rolling gembok tetap rutin kita laksanakan setiap 3 bulan sekali untuk menekan peluang terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban”, tutupnya.

Selain melakukan perawatan gembok, petugas juga melakukan penggeledahan kamar hunian. Petugas memastikan tidak terdapat benda-benda terlarang yang dimiliki oleh warga binaan.