WBP Lapas Sumbawa: Puasa Lancar Olahraga Tetap Jalan

Sumbawa, Matajitunews.com – Kondisi tubuh saat berpuasa memang tidak seperti biasanya. Perut yang kosong dan kurang bertenaga cenderung membuat sebagian orang malas untuk melakukan aktivitas fisik dan memilih untuk berdiam diri.

Namun tidak demikian halnya bagi WBP Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB. Meski dalam kondisi berpuasa, para WBP terlihat bersemangat melakukan senam pagi bersama yang dipandu petugas pembinaan, Selasa (05/04).

Olahraga pagi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh WBP sebagai upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kebugaran, mengurangi stres, dan memperlancar peredaran darah sehingga dapat terhindar dari risiko serangan penyakit.

Oris Tamimi selaku petugas penanggung jawab kegiatan olahraga mengungkapkan bahwa selama ramadhan kegiatan olahraga tetap dilaksanakan dengan beberapa penyesuaian agar tidak terlalu membuat letih. Gerakan-gerakan ringan lebih banyak diperagakan untuk menjaga stamina dan lebih bersemangat dalam melakukan aktivitas harian mereka.

“Olahraga tetap ada meskipun puasa, gerakannya kita sesuaikan agar tidak terlalu capek, kita pilih gerakan ringan untuk tetap menjaga stamina dan semangat.” ujarnya

Kegiatan pembinaan fisik ini tentu saja berjalan beriringan dengan pembinaan spiritual. Dengan kondisi kesehatan yang baik diharapkan para warga binaan dapat menjalankan ibadah ramadhan dan program pembinaan lainnya dengan lancar tanpa kendala apapun.