News  

Lapas Sumbawa Berhasil Bina WBP Bertani Jagung

Sumbawa, Maajitunews.com – Jajaran Seksi Kegiatan Kerja Lapas Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB bersama-sama dengan warga binaan asimilasi SAE Ai Maja layak berbangga melihat hasil panen jagung yang cukup memuaskan. Keberhasilan tersebut merupakan buah kerja keras semua pihak yang terlibat dari proses tanam hingga panen.

Selain berhasil dari segi produktivitas, kegiatan pertanian jagung ini juga tergolong sukses memberikan pembinaan keterampilan teknik pertanian kepada warga binaan.

Kalapas Sumbawa Besar, M. Fadli dalam keterangannya mengungkapkan bahwa seluruh kegiatan yang dilakukan pada SAE Ai Maja merupakan bentuk pembinaan kemandirian yang diberikan kepada para warga binaan, sehingga seluruh aktivitas berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan pemahaman warga binaan, Senin (11/04).

“Kegiatan disini semuanya untuk pembinaan, perkebunan pertanian itu untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan warga binaan.” ungkapnya

Hasil positif yang diraih dari pertanian jagung ini menurutnya merupakan indikator suksesnya jajaran Seksi Kegiatan Kerja dalam menjalankan program pembinaan kemandirian bagi warga binaan.

Sementara itu Kasi Kegiatan Kerja, Hermanturi pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa program pertanian jagung yang merupakan bagian dari kerjasama ketahanan pangan dengan Kementerian Pertanian pada tahun ini membuahkan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya, baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Alhamdulillah kita berhasil lebih baik dari tahun lalu, kualitasnya lebih baik hasilnya juga lebih banyak.” terangnya

Adapun hasil panen itu sendiri akan dijual kepada perusahaan yang bergerak di bidang jual beli jagung yang berada di area Kabupaten Sumbawa. Hasil dari penjualan tersebut selain akan dinikmati oleh warga binaan asimilasi, juga akan dimanfaatkan untuk peningkatan sarana dan prasarana yang ada di SAE Ai Maja. (MJ-hms)