News  

Tunaikan Kewajiban, Pegawai Lapas Sumbawa Salurkan Zakat

Sumbawa, Matajitunews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB, M. Fadli didampingi Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan, Sri Nuryanti, menyerahkan langsung zakat fitrah yang dihimpun dari seluruh pegawai kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumbawa, Jumat (22/04) kemarin.

Bertempat di ruang kerja Kalapas, zakat tersebut diterima langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa, Ali Tunru, yang didampingi oleh sejumlah jajaran pimpinan Baznas.

Selain dilakukan secara administratif, serah terima juga dilakukan dengan memperhatikan kaidah agama yakni melalui proses akad syar’iyah.

Dalam kesempatan tersebut Kalapas menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Baznas yang telah membantu para ASN yang ada di lingkungan Lapas Sumbawa Besar dalam menunaikan salah satu kewajibannya yaitu berzakat. Kalapas berharap zakat yang telah dihimpun dapat disalurkan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan.

“Terima kasih telah hadir disini, membantu kami menunaikan zakat, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.” ujarnya

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa, Ali Tunru, menjelaskan bahwa program yang dijalankan Baznas Kabupaten Sumbawa tidak hanya bergerak di lingkup zakat, infaq dan shodaqoh. Baznas juga dijelaskannya ambil bagian pada ranah sosial dan kemanusiaan.

Ali Tunru juga menyarankan agar Lapas membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), sehingga kedepannya pengumpulan dan penyaluran zakat dapat dilakukan dengan lebih terorganisir.