News  

Detasemen Polisi Militer IX/2 Mataram Gelar Apel Corps HUT Pomad Ke-76 Tahun 2022 dan Syukuran

 

Matajitunsnews.com

Mataram NTB – Detasemen Polisi Militer IX/2 Mataram menggelar Apel Corps Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) Tahun 2022 yang dipimpin langsung Dandenpom Letkol Cpm Dwijo Setyono, S.H., M.Sc., diikuti seluruh Prajurit dan PNS Denpom IX/2 Mataram di Lapangan Voly Kantor Polisi Militer IX/2 Mataram Jalan Pejanggik No. 23 Kota Mataram, sekaligus dilanjutkan dengan acara Syukuran di Aula Denpom, Rabu (22/6/2022).

Dalam sambutannya Danpuspomad Letnan Jendral TNI, Candra W. Sukotjo, M. Sc., yang disampaikan amanatnya melalui Komandan Detasemen Polisi Militer IX/2 Mataram  Letkol Cpm Dwijo Setyono, S.H., M.Sc., dengan mengatakan, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat mengikuti acara Apel Corps peringatan HUT ke-76 Pomad tahun 2022 dalam keadaan sehat walafiat.

Tak lupa juga kita berikan penghormatan dan penghargaan yang tinggi juga kami sampaikan kepada para sesepuh dan senior Corps yang telah memberikan dharma bhaktinya demi kejayaan Pomad hingga saat ini,” Ungkapnya.

Karena sejak lahirnya Pomad pada tanggal 22 Juni 1946, para pendahulu dan senior Corps telah menorehkan catatan sejarah yang sangat penting dengan berbagai perjuangan, pengorbanan dalam berbagai dinamika tugas yang dihadapi hingga mengukir prestasi bagi kejayaan Corps Pomad untuk kepentingan TNI, bangsa dan negara hingga saat ini,” Ungkapnya.

“Maka pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Pomad Tahun 2022 mengambil tema,”Responsif dan Berintegritas. Dimana setiap Prajurit Polisi Militer TNI AD harus memiliki perilaku kerja yang senantiasa mengembangkan sikap proaktif, kooperatif, kritis, suportif, peka terhadap situasi maupun kebutuhan lingkungan kerja untuk mampu
memanfaatkan peluang dan tantangan
yang ada serta melayani secara prima
pihak-pihak yang berkepentingan
dalam pelaksanaan tugas.

“Lebih lanjutnya, setiap Prajurit Polisi Militer TNI AD harus memiliki pribadi yang jujur memiliki karakter kuat, sikap yang teguh untuk mempertahankan prinsip, tidak mau korupsi, yang akan menjadi dasar pada diri sendiri sebagai nilai- nilai moral.

Kejayaan Pomad tentunya dapat bertahan hingga saat ini, karena kemampuan untuk integritas
dalam mempertahankan dengan apa yang terbangun dalam menciptakan ruang nyaman sekaligus tantangan bagi para prajurit Pomad yang akan membawa nama besar Pomad hingga mampu sebagai satuan yang berintergritas.

Dengan perkembangan yang terjadi saat ini juga menuntut Pomad menjadi institusi yang responsif, tanggap, akurat, dan mampu tepat memberikan respon yang Lewat program kerja yang positif dan inovati beserta dengan membuka ruang seluas-luasnya terhadap kritik yang membangun. Maka diharapkan dapat menjadi pondasi untuk menciptakan Pomad yang responsif dan berintegritas.

Diharapkan juga komitmen dan tekad dalam mengamalkan nilai-nilai yang terdapat pada Panca Dharma Corps yaitu Sifat Ksatria, Sifat Bijaksana, Pantang Mundur, Kebesaran Hati dan
Kejujuran yang harus menjadi pedoman
dalam setiap pelaksanaan tugas dan
kehidupan sehari-hari.

Prajurit Pomad tidak hanya selaku
penegak, tetapi juga menjadi pelopor
penegakan hukum disiplin tata tertib,
dengan tidak melakukan pelanggaran
perbuatan melawan hukum dan
sehingga Pomad dapat menjadi prajurit
yang berintegritas dan responsif.

Apresiasi yang setinggi-tingginya dikatakan Danpuspomad kepada segenap Prajurit dan PNS Pomad beserta keluarga dimanapun berada. Semoga semangat dan ketulusan hati senantiasa menyertai langkah kita mewujudkan Pomad yang responsif dan berintegritas, demi kejayaan Corps Polisi Militer TNI AD dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita Cintai bersama-bersama dalam DIRGAHAYU POLISI MILITER TNI ANGKATAN DARAT Ke-76 TA. 2022.

Disaat acara Syukuran HUT Pomad ke-76 tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Denpom IX/2 Mataram dihadiri ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Anak Ranting 2 Denpom IX/2 Mataram dan para Purnawan Pomad. Letkol Cpm Dwijo Setyono, S.H., M.Sc., menyampaikan kepada seluruh prajuritnya dengan mengatakan, di usia Pomad Ke-76 ini Prajurit Pomad harus lebih Responsif dan bisa mengikuti tantangan kedepannya seiring dengan meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimasa ini, sebagai generasi penerus Pomad agar tidak mudah melupakan sejarah, karena dari sejarah kita bisa mengenang jasa para pendahulu Corps pejuang hingga terbentuknya satuan Pomad seperti sekarang ini dengan semboyan Panca Dharma Corps,” Pungkas.(Dani/Rzl).