News  

Wakil Bupati…!! Lestarikan Buddya Local Terobos Era Global Melalui Nuja Ramai

SUMBAWA BESAR, Matajitunews.com
-Gelaran buddaya Nuja Rame merupakan salah satu kegiatan menumbuk padi beramai ramai yang dilakukan oleh para kaum Hawa masyarakat desa dengan melibatkan hampir semua kaum hawa seperti yang di laksanakan Di Desa Batu Bulan Jum’at 25-08-2023.


Nuja Rame,yang biasanya dilakukan masyarakat pada acara – acara tertentu atau perayaan hari besar sebagai bentuk kegiatan gotong royong masyarakat.

Nuja Ramai Ini dilakoni oleh
para remaja putri dan ibu-ibu berjalan beriringan menuju pusat acara repaints di Gedung Serba Guna Desa Batu Bulan dengan mengenakan pakaian adat Sumbawa,Pada acara tersebut hadir Manager  BankNTB Syariah,Camat Moyo Hulu, Para Kepala Desa SeKecamatan Moyohulu

Acara ini digelar dalam rangka perayaan satu abad Desa Batu Bulan yang bertajuk “Pesona Batu Bulan.” Sebelumnya telah banyak kegiatan yang digelar, diantaranya hiburan rakyat, olah raga dan beberapa kegiatan budaya lainnya.

Wakil Bupati Sumbawa_Hj. Dewi Noviany, S.Pd.,M.Pd yang berkesempatan hadir sekaligus membuka acara tersebut, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan Pemdes  Batu Bulan.

Oleh karenanya Wabup menilai “Pesona Batu Bulan” yang mengangkat tema adat sumbawa “Nuja Rame” merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, dan tidak semua kecamatan mail-in desa bisa melestarikan adat dan budaya di era digital saat ini,terang Novi sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa seraya berpesan untuk kita semua agar dapat melestarikan adat dan budaya Nenek Moyang kita untuk generasi mendatang,harapnya.(MJ¹)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif